Pelabuhan Patimban Layani Kontainer Paling Lambat Maret 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 16:17 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat akan mulai beroperasi bulan depan. Operasional Patimban pertama kali akan difokuskan pada terminal kendaraan alias car terminal.

Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan di awal tahun depan Patimban bukan lagi hanya melayani ekspor impor kendaraan. Dia menargetkan bongkar muat kontainer akan mulai dilakukan antara bulan Februari atau Maret.

"Apa yang dilakukan di Patimban awalnya adalah bangun car terminal, tapi di masa mendatang bahkan Februari nanti akan mulai ada kontainer dijalankan di sana," ujar Budi Karya dalam acara simulasi table top exercise Patimban di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

"Jadi Desember ini car dulu, Februari atau Maret akan mulai kontainer, meski tak besar kapasitasnya," lanjutnya.

Adapun kapasitas pelayanan bongkar muat kontainer di Pelabuhan Patimban sudah selesai dibangun pada tahap pertama dengan kapasitas 250 ribu TEUs. Kemudian bertahap pembangunan dilakukan untuk mendapatkan kapasitas 7,5 juta TEUs.

"Dan juga untuk kontainer itu sekarang ini 250 ribu TEUs akan jadi 3,7 juta TEUs jadi satu jumlah besar bahkan pada ultimate akan 7,5 TEUs," papar Budi Karya.

Sementara itu, kapasitas terminal kendaraan alias car terminal di Pelabuhan Patimban ada sekitar 218 ribu CBU yang sudah siap dioperasikan. Lalu akan bertahap dibangun menjadi kapasitas penuh 600 ribu CBU.

(eds/eds)