Waskita Jual 9 Ruas Tol Rp 11 Triliun Buat Pangkas Utang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 01 Des 2020 15:47 WIB
PT Jasamarga Solo Ngawi saat ini telah mengebut pekerjaan proyek  jembatan yang dirancang khusus tahan gempa. Tak tanggung-tanggung, jembatan yang di sub kan pengerjaannya ke PT. Waskita Karya memiliki kekuatan penuh tahan gempa hingga seribu tahun.
Ilustrasi Foto: Sugeng Harianto
Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menyiapkan 7 paket transaksi untuk melepas kepemilikan 9 ruas jalan tol yang berada di bawah anak usahanya PT Waskita Toll Road. Seluruh transaksi tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Director of Business Development & QSHE Waskita Karya Fery Hendriyanto menerangkan, sebagian dari paket transaksi yang akan diselesaikan tahun depan merupakan transaksi yang telah dimulai di tahun 2020.

"Sebelumnya kami berencana untuk melepas 4 ruas lagi di akhir tahun ini, namun dikarenakan pandemi COVID-19, transaksinya masih dalam proses. Kami tetap optimis target selesai pada awal tahun 2021," kata Fery dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Di tahun 2021, Waskita berencana melepaskan setidaknya 9 ruas tol di mana 3 ruas merupakan ruas tol yang berlokasi di area Jabodetabek, 1 ruas terletak di provinsi Jawa Barat, 2 ruas berada di Sumatera, 2 ruas bagian dari jaringan Tol Trans Jawa, dan ditambah 1 ruas yang terletak di Jawa Timur.

Total panjang dari seluruh ruas yang akan dilepas mencapai lebih dari 480 km. Waskita memperkirakan seluruh ruas yang akan dilepas dengan nilai sekitar Rp 10 - 11 triliun.

"Selain adanya penerimaan kas, lewat divestasi Waskita juga akan mengurangi utang dari ruas tol yang tidak lagi terkonsolidasi," jelas Fery.

Bagaimana skema penjualannya? Lihat di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waskita Karya Bangun Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati"
[Gambas:Video 20detik]