Pelabuhan Patimban Belum 'Bertuan' hingga April 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 18:55 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Subang -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan operator Pelabuhan Patimban akan ditunjuk pada April 2021.

Hingga kini pelabuhan yang terletak di Subang, Jawa Barat ini belum mempunyai operator alias 'tak bertuan'. Untuk sementara, pelabuhan akan dikelola oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban.

"Memang untuk sementara operator yang ditunjuk yang nantinya akan dikawal secara baik oleh panel dan juga dengan pengacara negara dari Kejaksaan, yang insyaallah telah final pada bulan April (2021), sementara ini akan dikelola oleh KSOP," ujar Budi Karya di Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).

Meski dikelola sementara oleh KSOP, Budi Karya memastikan pengelolaan pelabuhan tetap didukung oleh profesional, sehingga kualitas operasional Patimban tetap maksimal. Bahkan, bisa dijajarkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.

"Tetapi KSOP didukung oleh para profesional Tanah Air dan dari asing. Jadi kemampuannya sama minimal dengan apa yang dilakukan Tanjung Priok," ujar Budi Karya.

Diapun meyakinkan kepada para pengusaha agar mau menggunakan Pelabuhan Patimban meskipun saat ini dikelola oleh KSOP Kelas II Patimban.

"Jadi bagi teman-teman dari perusahaan apakah dari Toyota, Daihatsu, yakin bahwa kompetensi yang diberikan oleh teman-teman yang kerja ini sama baiknya dengan apa yang dilakukan di Tanjung Priok," kata Budi Karya.

Selanjutnya
Halaman
1 2