Cek di Sini! Posko YIA Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Nataru

Jauh Hari Wawan - detikFinance
Kamis, 17 Des 2020 19:49 WIB
Beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA) belum dibarengi dengan jadwal penerbangan internasional, sehingga penerbangan internasional dapat tersedia tahun depan.
Foto: Pradito Rida Pertana
Yogyakarta -

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) PT Angkasa Pura (AP) 1 menyiapkan posko mengantisipasi lonjakan penumpang. Posko ini berlokasi di depan pintu masuk terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA (Yogyakarta International Airport) dan beroperasi mulai 18 Desember sampai 4 Januari 2021.

PTS General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi menjelaskan posko ini disiapkan karena saat libur Nataru diprediksi akan ada lonjakan penumpang. Prediksi ini berkaca dari liburan pajang akhir Oktober lalu.

"Kita harus menyiapkan posko karena diprediksi ada pertumbuhan penumpang sampai 30 persen. Pergerakan pesawat juga diprediksi naik 39 persen, serta jasa kargo juga diprediksi naik 14 persen," kata Taochid kepada wartawan, Kamis (17/12/2020).

Nantinya, setiap personel yang ditempatkan di posko ini bertugas memantau seluruh area bandara. Terutama untuk memantau penerapan protokol kesehatan.

"Nanti petugas posko akan melakukan monitoring dan apabila ada penumpang berkerumum harus diingatkan agar jaga jarak, pun demikian dengan penumpang yang tak pakai masker juga diingatkan," terangnya.

Taochid menjelaskan rata-rata jumlah penumpang di YIA saat ini berkisar 8.000 orang per hari. Diperkirakan saat Nataru nanti bisa mencapai 10.000 orang.

"Untuk penerbangan, saat ini di YIA ada 50 penerbangan per hari. Kemudian pada Nataru prediksi kami bisa sampai 60 sampai 65 pergerakan pesawat per hari," ujarnya.

Ia menjelaskan jumlah itu nantinya akan bertambah lagi. Sebab, maskapai Ar Asia telah mengajukan tambahan penerbangan.

"Yang mengajukan penambahan dari maskapai Air Asia sebanyak enam penerbangan. Untuk rute favorit tetap dari dan ke Jakarta," terang Taochid.

Disinggung soal prediksi lonjakan penumpang di YIA, ia memprediksi lonjakan terjadi pada H-1 dan H+3 libur Nataru.

"Prediksi (lonjakan penumpang) terjadi pada H-1 libur Nataru atau 23 Desember 2020 dan untuk arus balik diperkirakan terjadi peningkatan pada H+3 atau 4 Januari 2021," tutur Taochid.

(hns/hns)