Menhub Target Jalan Tol ke Pelabuhan Patimban Beres 2 Tahun Lagi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 17:43 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pelabuhan Patimban akan tersambung jalan tol dua tahun ke depan. Hal ini bisa menjadi akses tambahan menuju Pelabuhan Patimban.

Seiring dengan tersambungnya jalan tol, Budi Karya mengatakan dua tahun lagi pengerjaan tahap kedua Pelabuhan Patimban selesai dan akan diresmikan sebagai grand launching.

"Dua tahun ke depan jalan tol langsung ke Patimban akan dibangun dan insyaallah selesai. Bersamaan dengan itu tahap kedua selesai dan akan lakukan grand launching," kata Budi Karya saat meresmikan pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020).

Adapun fasilitas Pelabuhan yang sudah siap dimanfaatkan adalah Dermaga Kendaraan seluas 350 m x 33 m dengan kapasitas 218 ribu CBU. Kemudian, beberapa bulan ke depan dermaga peti kemas akan mulai digunakan di sana, dengan kapasitas 250 ribu TEUs.

Sementara itu, untuk tahap dua yang disebutkan Budi Karya, nantinya akan ada tambahan kapasitas pada dua dermaga yang digunakan. Untuk kapasitas peti kemas akan menjadi 3,75 TEUs dan terminal kendaraan menjadi 600 ribu CBU.

Budi Karya juga mengatakan akan ada jalur kereta api yang akan dibuat menuju pelabuhan. Dia menyebut pihaknya sedang menentukan trase dan mengkomunikasikan hal itu dengan Pemprov Jawa Barat.

"Kami juga rencana buat jalan kereta api, trasenya sedang disiapkan, insyaallah disetujui pak Gubernur," ujar Budi Karya.

Saat ini sendiri jalan akses ke Patimban sudah terbangun, panjangnya 8 km dari Jalan Pantura.

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Patimban Anwarudin mengatakan saat ini Kementerian PUPR sedang melakukan pelelangan kontraktor untuk membangun jalan tol penghubung ke Pelabuhan Patimban.

Dia mengatakan jalan tol ini bisa dioperasikan pada 2023 atau 2024. Dia menyebutkan jalan tol ini memiliki pintu tol di Jalan Pantura dan akan menyambung di tol Cipali km 89.

"Kita dapat informasi soal jalan tol, Kementerian PUPR sedang melakukan lelang. Mudah-mudahan bisa operasi 2023-2024, Jalan Pantura tadi pintu tolnya di situ, nanti langsung ke Cipali km 89," ujar Anwar.

(dna/dna)