Anggaran Infrastruktur Melonjak, Sri Mulyani: Menampung yang Tertunda

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 12:28 WIB
POster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur yang mencapai Rp 417 triliun di tahun 2021. Anggaran ini naik sekitar 48% dari Rp 281,1 triliun di tahun 2020.

Besarnya alokasi anggaran infrastruktur di tahun depan, Sri Mulyani mengatakan salah satunya untuk mengejar proyek-proyek infrastruktur yang pada tahun sebelumnya tertunda.

"Anggaran infrastruktur cukup besar untuk menampung yang selama ini tertunda," kata Sri Mulyani dalam acara Outlook Perekonomian: Meraih Peluang Pemulihan Ekonomi di 2021, Selasa (22/12/2020).

Jika dibandingkan dengan anggaran kesehatan, anggaran untuk infrastruktur di tahun depan pun jauh lebih besar. Pasalnya, pemerintah mengalokasikan anggaran kesehatan sebesar Rp 169,7 triliun di tahun 2021.

Meski begitu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku anggaran kesehatan masih bisa bertambah dari alokasi yang di tahun ini tidak terserap. Dia bilang, ada sekitar Rp 34 triliun lebih yang masih ada di kementerian dan lembaga.

"Kalau melihat anggaran infrastruktur Rp 417 triliun, tidak menjadi penyebab anggaran kesehatan lebih sedikit, akan beri jaminan langkah-langkah di bidang kesehatan, bisa menjalankan kebijakan pemulihan ekonomi dengan penanganan COVID yang efektif dan aspek masyarakat," kata Sri Mulyani.

(hek/eds)