2021, Bandara Ngloram Bakal Layani Penerbangan Komersil

Febrian Chandra - detikFinance
Rabu, 30 Des 2020 14:19 WIB
Pendaratan perdana di Bandara Blora
Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Blora -

Meski masih dalam pengerjaan di beberapa bagian, Bandara Ngloram sudah siap didarati pesawat komersil. Pagi tadi, pesawat komersil milik maskapai NAM Air ATR 72 akhirnya bisa melakukan approving flight dan mendarat mulus di Bandara Ngloram Cepu Kabupaten Blora,Rabu (30/12/2020).

Staf ahli Kementerian Perhubungan Chris Kuntadi menjelaskan, pesawat dengan nomor penerbangan IN -2100 yang ditumpangi 10 orang tersebut, berangkat dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang tepat pukul 07.00 wib dan tiba di Bandara Ngloram pukul 07.35 wib.

"Pendaratan berjalan mulus karena landasan pacu Bandara Ngloram sudah bagus dan akan diperpanjang lagi. Intinya Bandara Ngloram layak. Kalau nggak layak nggak mungkin ada pendaratan pesawat dan sudah siap untuk penerbangan komersil," ujar Chris saat ditemui wartawan usai turun dari pesawat, Rabu (30/12/2020).

Chris menjelaskan, untuk saat ini jenis pesawat ATR 72 sudah cukup untuk melayani masyarakat. Diantaranya rute Cepu-Surabaya, Cepu-Semarang dan Cepu-Jakarta.

"Tiketnya nanti akan dibicarakan dan ditentukan dengan pihak maskapai. Dan tentunya harganya wajar. Kalau bisa untuk awal harga tiketnya bisa disubsidi oleh pemerintah daerah," terangnya.

Chris menambahkan, kepala Bandara Ngloram juga bertanggungjawab melakukan loby ke maskapai lain seperti Citylink dan WingsAir. Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho berharap masyarakat bisa memanfaatkan Bandara Ngloram untuk membuka akses dengan pesawat terbang.

"Akan kita sosialisasikan. Ini daya tarik yang luar biasa. Apapun akan kita pertaruhkan. Bandara harus terus kita bangun dan yang lain sementara ngalah dulu,"ujar Djoko Nugroho.

Kepala Bandara Dewadaru Karimunjawa, Ariadi Widiawan, yang membawahi Bandara Ngloram menjelaskan,dengan mendatangkan pesawat reguler ATR 72 bukan berarti perjuangan selesai. Dan ini adalah awal dan selanjutnya akan membicarakan dengan pihak Wings Air dan Citylink.

"Target ke depan bisa membuka rute Surabaya - Ngloram Cepu. Kami juga mohon maaf kepada masyarakat, dengan kedatangan pesawat hari ini tidak dipublikasikan ke masyarakat karena mengingat masih pandemi covid dikhawatirkan ada cluster baru,"ujar Ariadi.

Hal senada juga disampaikan Kasatpel Bandara Ngloram Abdul Rozaq bahwa Bandara Ngloram siap melayani penerbangan tahun depan.

"Insyaallah Bandara Ngloram siap melayani penerbangan pada tahun 2021,"ujar Rozaq.

(hns/hns)