Sandiaga Sambangi Budi Karya, Bahas Proyek Pelabuhan Danau Toba

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 04 Jan 2021 17:52 WIB
Sandiaga sambangi kantor Budi Karya bahas pembangunan pelabuhan di Danau Toba
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sore ini menyambangi kantor Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sandiaga melakukan pembicaraan soal pembangunan 5 destinasi super prioritas.

Sandiaga mengatakan, dia dan Budi Karya fokus membahas mengenai pembangunan infrastruktur transportasi di wisata super prioritas Danau Toba dan Kawasan Borobudur.

"Tadi kita membicarakan arahan bapak presiden mengenai penyiapan 5 destinasi super prioritas dan luar biasa dukungan dari Kemenhub. Tadi kita bicara secara detail soal Danau Toba dan Borobudur," ujar Sandiaga ditemui usai pertemuan dengan Budi Karya, di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021).

Salah satu pembicaraan utamanya adalah soal pembangunan 12 pelabuhan di sekitar Danau Toba. Menurut Budi Karya, pihaknya ingin apa yang dibangun Kemenhub bisa digunakan untuk mendongkrak pariwisata.

"Kami butuh link yang kuat dengan pak Menpar supaya apa yang kita bangun itu sesuai dengan kemanfaatannya, outcomenya jelas. Contohnya kita membangun 12 pelabuhan di Danau Toba, itu akan indah sekali Danau Toba," ujar Budi Karya pada kesempatan yang sama.

Dari cataran detikcom, Kemenhub sendiri menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,06 triliun untuk membangun dan mengembangkan sektor transportasi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Dari anggaran tersebut sebagian dimanfaatkan untuk membangun 12 terminal atau dermaga penyeberangan di Danau Toba. Sebanyak 12 terminal berada di daerah Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onan Runggu, Onan Baru, Nainggolan, Pakkara, dan Marbun Toruan.

Kembali ke Sandiaga, dia mengatakan sudah merasakan salah satu dari 12 pelabuhan yang dibangun di Danau Toba, yaitu pelabuhan Ajibata. Dia mengatakan pelabuhan ini akan memberikan pelayanan pariwisata yang baik bagi masyarakat.

"Saya sudah hadir di satu pelabuhan yang sudah dioperasikan yaitu Ajibata, jadi memang dengan terbangunnya infrastruktur ini banyak memberikan pelayanan pada masyarakat, yang terpenting adalah pengelolaannya ke depan agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujar Sandiaga.



Simak Video "Sandiaga Uno Mencari Terobosan Baru Untuk Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)