Melihat dari Dekat Pelabuhan Patimban yang Mulai Berdenyut

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 10 Jan 2021 12:45 WIB
Pelabuhan Patimban
Foto: Pelabuhan Patimban (Trio Hamdani)
Jakarta -

Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat mulai beroperasi sejak 20 Desember 2020. Pengoperasiannya diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hari ini, Minggu (10/1/2021), detikcom berkesempatan melihat denyut Pelabuhan Patimban pasca 3 pekan beroperasi.

Berdasarkan pantauan, Pelabuhan Patimban hari ini sedang disibukkan dengan persiapan pengiriman kendaraan ke beberapa daerah di Indonesia.

Data dari PT ASDP (Persero), ada 98 unit kendaraan kecil, dan 1 truk besar bermuatan 40 unit sepeda motor. Kendaraan tersebut akan diangkut menggunakan KMP Ferrindo 5 menuju Panjang, Bandar Lampung.

"Kita harus membuat Patimban ini terus makin lama makin hidup supaya ekonomi juga tambah tumbuh dengan lebih cepat, ini mulai dengan kapal Roro,"kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo ditemui di Pelabuhan Patimban, Minggu (10/1/2021).

Layanan perdana Patimban-Panjang akan berangkat pada pukul 13.00 WIB dan estimasi tiba di Pelabuhan Panjang pada Senin 11 Januari pukul 09.00 WIB. Kemudian kapal akan berangkat lagi dari Pelabuhan Panjang pada Senin pukul 20.00 WIB dan estimasi tiba di Pelabuhan Patimban kembali pada Selasa pukul 06.00 WIB.

Agus kembali menjelaskan bahwa saat ini ASDP di Pelabuhan Patimban melayani 3 rute, yakni Patimban-Banjarmasin dan Patimban-Pontianak.

Tentu saja pelabuhan kebanggaan Jokowi ini diharapkan akan semakin aktif ke ke depannya. Kemenhub, lanjut Agus akan mendorong masuknya operator kapal lainnya untuk membuka trayek di Pelabuhan Patimban.

"Tidak menutup kemungkinan kalau kargonya meningkat, dari operator yang lain (akan masuk), kan ini baru ASDP. Kan selain ASDP, operator Ro-Ro (roll on-roll off) kan banyak juga," tambahnya.

(toy/zlf)