2 Jembatan Terdampak Banjir Kalsel Bisa Dipakai Lagi Sore Ini

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 21 Jan 2021 14:22 WIB
Foto udara kondisi Desa Alat pascabanjir bandang di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Rabu (20/1/2021). Banjir bandang yang terjadi pada Rabu (13/1) malam tersebut mengakibatkan sejumlah fasilitas umum dan jalan rusak parah serta sembilan orang dinyatakan meninggal dunia dan enam orang lainnya hilang. ANTARA FOTO/Muhammad Nova/Bay/wsj.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Nova
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan dua jembatan yang terimbas banjir Kalimantan Selatan sudah bisa mulai dipakai atau dilewati kembali. Adapun kedua jembatan yang dimaksud adalah Jembatan Mataram Kabupaten Banjar dan Jembatan Tabunio II Kabupaten Tanah Laut.

"Insyaallah sore hari ini kedua jembatan itu dilaporkan sudah akan dapat dilalui dengan jembatan sementara Bailey," ujar Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Kamis (21/1/2021).

Untuk sementara ini, kedua jembatan itu dipasangi plat baja agar dapat dilalui kendaraan kecil. Selanjutnya akan dipasangi jembatan Bailey yang saat ini masih dalam proses perakitan.

Selain perbaikan infrastruktur, Kementerian PUPR juga bertugas sebagai penyedia sarana dan prasarana air bersih. Di antaranya dengan menyalurkan sebanyak 4 unit Mobil Tangki Air berkapasitas 4.000 liter, 30 unit Hidran Umum berkapasitas 2.000 liter untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, serta 4 unit mobil toilet, 7 unit toilet portable, dan 2 unit mobil tinja untuk keperluan sanitasi.

Sebagaimana diketahui, telah terjadi banjir besar yang menerjang wilayah Kalimantan Selatan pada beberapa hari lalu. Adapun 11 kabupaten di Kalsel dilaporkan terendam banjir tersebut, Kabupaten Banjar dan Tanah Laut jadi salah satunya yang terkena dampak.

(eds/eds)