Stasiun Manggarai Gantikan Gambir Mundur ke 2022

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 14:57 WIB
Tiga rute KRL di Stasiun Manggarai disetop sementara karena adanya switch over (SO) di stasiun tersebut. Berikut foto situasi terkini di Stasiun Manggarai.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama

Di akhir periode pertamanya menjabat menteri, Budi Karya juga memastikan bahwa proyek ini akan terus berjalan. Menurutnya aliran kereta dari dan ke dalam kota Jakarta harus dipisahkan.

"Rencana ini sudah lama sekali dan akan berjalan. Secara ideal ya satu konektivitas yang ke luar itu harus dipisahkan sama angkutan dalam kota," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Stasiun Gambir nantinya melayani kereta dalam kota. Pasalnya, jumlah penumpang dalam kota jauh lebih besar dibanding kereta luar kota.

"Bayangkan ada 1,2 juta orang yang gunakan angkutan dalam kota, sementara yang keluar daerah cuma 10 ribuan. Oleh karenanya kami mau prioritaskan yang dalam biar efektif," kata Budi Karya.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri di saat yang sama kala itu juga mengatakan rencana ini akan jalan terus. Hingga 2021 dia mengatakan akan ada 18 trek di Manggarai, sehingga stasiun ini siap menjadi hub kereta api di Jabodetabek.

"Kalau kita kan memang sudah bangun (Manggarai), bahwa nanti akan jarak jauh ke Manggarai semua. Perencanaan sampai 2021 ini akan ada 18 trek, rencana akan tetap berjalan," kata Zulfikri.

Halaman

(hal/ara)