Sering Tergenang Air Bikin Kamar Mandi Rawan Bocor, Begini Tips Atasinya

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 08:20 WIB
Modern Bathroom Interior stock photo - 3d render
Foto: Getty Images/CreativaStudio
Jakarta -

Kamar mandi merupakan bagian penting dari sebuah hunian. Bila dihitung, setiap orang bisa lebih dari empat kali ke kamar mandi dalam sehari untuk membersihkan diri, buang air, atau sekadar mematut diri. Kamar mandi yang terkait erat dengan air harus dipastikan kehandalannya supaya tidak bocor maupun rembes.

Karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan kehandalan kamar mandi dan fungsinya tidak mengganggu ruang yang lain dengan adanya kebocoran. Selain maintenance berkala, jenis produk maupun cara pengaplikasiannya menjadi penting untuk memastikan ruang ini berfungsi maksimal.

1. Membersihkan Celah

Menjaga kebersihan kamar mandi menjadi hal paling mendasar yang harus dilakukan untuk memastikan tidak ada perkembangan kuman maupun bakteri. Bersihkan setiap celah, sudut, dan bagian lainnya dengan cairan pembersih yang tidak terlalu keras dan pastikan juga sirkulasi udara di kamar mandi supaya ada cross ventilation dan tidak lembab.

Saat melihat ada bagian kamar mandi yang retak, pecah, ataupun karat segera tangani dengan peralatan sederhana yang ada di rumah. Permasalahan kecil seperti ini bisa menjadi bencana bila dibiarkan berlarut, misalnya kamar mandi di lantai dua bisa rembes hingga ke ruang di bawahnya dan menimbulkan bekas rembes hingga kebocoran.

2. Ambil Langkah Cepat saat Menemukan Rembesan

Bila area rembes sudah terlalu banyak ataupun telah terjadi kebocoran, harus digunakan produk yang tepat dengan aplikasi yang tepat juga. Aquaproof sebagai produk pelapis anti dengan pengalaman 35 tahun di Indonesia memiliki produk Aquagard yang diformulasikan khusus untuk menjamin kamar mandi tetap berfungsi optimal.

"Produk ini terdiri dari dua komponen yaitu komponen bubuk dengan bahan dasar campuran semen dan komponen cair dengan bahan dasar emulsi polimer sintetis. Produk ini juga dibekali dengan flexible cementitious technology yang sangat cocok diaplikasikan pada area kamar mandi karena sifatnya yang kedap air, fleksibel, daya lekat tinggi, serta kuat dan tahan lama, " ujar Antony Kostka, GM Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia.

Untuk hasil yang maksimal, pengaplikasian produk ini sebaiknya dilakukan sejak pertama kali membangun rumah kendati tidak masalah juga untuk proses renovasi. Pastikan terlebih dulu bagian-bagian yang rawan rembes maupun bocor untuk diaplikasikan produk ini seperti bagian lantai kamar mandi.

Sebelum pemasangan keramik lantai maupun dinding kamar mandi dapat mengikuti proses pengerjaan lapisan kedap air Aquagard dengan beberapa langkah.

Bersambung ke halaman selanjutnya.



Simak Video "Selidiki Dugaan Data Bocor, Polri Akan Panggil 5 Vendor BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]