Sering Tergenang Air Bikin Kamar Mandi Rawan Bocor, Begini Tips Atasinya

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 08:20 WIB
Modern Bathroom Interior stock photo - 3d render
Foto: Getty Images/CreativaStudio

Pertama mengaplikasikan campuran Super Cement dan semen bisa menjadi material terbaik sebagai primer yang berfungsi juga untuk menutup pori-pori permukaan pada plesteran. Campuran ini juga bisa meningkatkan daya lekat ke substrat dan mengikat sisa partikel kecil yang masih tertinggal.

Untuk aplikasinya, bersihkan permukaan yang dilapisi primer dari lumut, jamur, dan kotoran lainnya. Campurkan Super Cement dan semen sebagai primer dengan komposisi 1:1ΒΌ dan aduk hingga rata.

Aplikasikan bahan ini menggunakan kuas atau rol kemudian aplikasikan Aquagard yang merupakan pelapis kedap air fleksibel. Campurkan komponen bubuk dan komponen cair Aquagard dengan perbandingan 3:1.

Mengintip laman media sosial @aquaproof_id, formula ini akan membuat permukaan yang di-treatment menjadi tahan genangan air seperti kamar mandi, dak beton, hingga kolam renang sekalipun. Penggunaan Aquagard untuk kolam ikan juga sangat baik karena sifatnya yang tidak beracun.

3. Melapisi Area Sudut Ruangan dengan Lapisan Kedap Air

Untuk hasil maksimal, pada bagian yang rawan pergerakan atau sudutan bisa digunakan Aquaproof Polyester Mesh. Mengintip laman www.aquaproof.id, pengaplikasian Aquaproof Polyester Mesh diatas lapisan pertama Aquagard yang masih basah kemudian lapisi kembali dengan Aquagard hingga Aquaproof Polyester Mesh tertutup sempurna.

Tunggu hingga lapisan pertama Aquagard kering, pulas kembali dengan formula yang sama diusahakan aplikasi menyilang dari lapisan yang pertama. Dengan aplikasi seperti ini kamar mandi kita akan tahan terhadap rembes maupun kebocoran.

Setelah lapisan kedap air Aquagard kering maka telah siap dilakukan pemasangan keramik. Ganti adukan semen dan pasir dengan Superfix yang berteknologi Thin Set dan cukup dipulas sekitar 2-3 mm. Superfix akan mampu merekatkan keramik jauh lebih kuat pada area dinding maupun lantai. Gunakan juga Supergrout sebagai pengisi nat keramik yang cocok untuk area kering dan basah.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Murah Meriah Perlengkapan Kamar Mandi Daur Ulang Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]