Sering Tergenang Air Bikin Kamar Mandi Rawan Bocor, Begini Tips Atasinya

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 08:20 WIB
Modern Bathroom Interior stock photo - 3d render
Foto: Getty Images/CreativaStudio
Jakarta -

Kamar mandi merupakan bagian penting dari sebuah hunian. Bila dihitung, setiap orang bisa lebih dari empat kali ke kamar mandi dalam sehari untuk membersihkan diri, buang air, atau sekadar mematut diri. Kamar mandi yang terkait erat dengan air harus dipastikan kehandalannya supaya tidak bocor maupun rembes.

Karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan kehandalan kamar mandi dan fungsinya tidak mengganggu ruang yang lain dengan adanya kebocoran. Selain maintenance berkala, jenis produk maupun cara pengaplikasiannya menjadi penting untuk memastikan ruang ini berfungsi maksimal.

1. Membersihkan Celah

Menjaga kebersihan kamar mandi menjadi hal paling mendasar yang harus dilakukan untuk memastikan tidak ada perkembangan kuman maupun bakteri. Bersihkan setiap celah, sudut, dan bagian lainnya dengan cairan pembersih yang tidak terlalu keras dan pastikan juga sirkulasi udara di kamar mandi supaya ada cross ventilation dan tidak lembab.

Saat melihat ada bagian kamar mandi yang retak, pecah, ataupun karat segera tangani dengan peralatan sederhana yang ada di rumah. Permasalahan kecil seperti ini bisa menjadi bencana bila dibiarkan berlarut, misalnya kamar mandi di lantai dua bisa rembes hingga ke ruang di bawahnya dan menimbulkan bekas rembes hingga kebocoran.

2. Ambil Langkah Cepat saat Menemukan Rembesan

Bila area rembes sudah terlalu banyak ataupun telah terjadi kebocoran, harus digunakan produk yang tepat dengan aplikasi yang tepat juga. Aquaproof sebagai produk pelapis anti dengan pengalaman 35 tahun di Indonesia memiliki produk Aquagard yang diformulasikan khusus untuk menjamin kamar mandi tetap berfungsi optimal.

"Produk ini terdiri dari dua komponen yaitu komponen bubuk dengan bahan dasar campuran semen dan komponen cair dengan bahan dasar emulsi polimer sintetis. Produk ini juga dibekali dengan flexible cementitious technology yang sangat cocok diaplikasikan pada area kamar mandi karena sifatnya yang kedap air, fleksibel, daya lekat tinggi, serta kuat dan tahan lama, " ujar Antony Kostka, GM Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia.

Untuk hasil yang maksimal, pengaplikasian produk ini sebaiknya dilakukan sejak pertama kali membangun rumah kendati tidak masalah juga untuk proses renovasi. Pastikan terlebih dulu bagian-bagian yang rawan rembes maupun bocor untuk diaplikasikan produk ini seperti bagian lantai kamar mandi.

Sebelum pemasangan keramik lantai maupun dinding kamar mandi dapat mengikuti proses pengerjaan lapisan kedap air Aquagard dengan beberapa langkah.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Pertama mengaplikasikan campuran Super Cement dan semen bisa menjadi material terbaik sebagai primer yang berfungsi juga untuk menutup pori-pori permukaan pada plesteran. Campuran ini juga bisa meningkatkan daya lekat ke substrat dan mengikat sisa partikel kecil yang masih tertinggal.

Untuk aplikasinya, bersihkan permukaan yang dilapisi primer dari lumut, jamur, dan kotoran lainnya. Campurkan Super Cement dan semen sebagai primer dengan komposisi 1:1ΒΌ dan aduk hingga rata.

Aplikasikan bahan ini menggunakan kuas atau rol kemudian aplikasikan Aquagard yang merupakan pelapis kedap air fleksibel. Campurkan komponen bubuk dan komponen cair Aquagard dengan perbandingan 3:1.

Mengintip laman media sosial @aquaproof_id, formula ini akan membuat permukaan yang di-treatment menjadi tahan genangan air seperti kamar mandi, dak beton, hingga kolam renang sekalipun. Penggunaan Aquagard untuk kolam ikan juga sangat baik karena sifatnya yang tidak beracun.

3. Melapisi Area Sudut Ruangan dengan Lapisan Kedap Air

Untuk hasil maksimal, pada bagian yang rawan pergerakan atau sudutan bisa digunakan Aquaproof Polyester Mesh. Mengintip laman www.aquaproof.id, pengaplikasian Aquaproof Polyester Mesh diatas lapisan pertama Aquagard yang masih basah kemudian lapisi kembali dengan Aquagard hingga Aquaproof Polyester Mesh tertutup sempurna.

Tunggu hingga lapisan pertama Aquagard kering, pulas kembali dengan formula yang sama diusahakan aplikasi menyilang dari lapisan yang pertama. Dengan aplikasi seperti ini kamar mandi kita akan tahan terhadap rembes maupun kebocoran.

Setelah lapisan kedap air Aquagard kering maka telah siap dilakukan pemasangan keramik. Ganti adukan semen dan pasir dengan Superfix yang berteknologi Thin Set dan cukup dipulas sekitar 2-3 mm. Superfix akan mampu merekatkan keramik jauh lebih kuat pada area dinding maupun lantai. Gunakan juga Supergrout sebagai pengisi nat keramik yang cocok untuk area kering dan basah.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Cara penggunaannya, campurkan Superfix dan air dengan perbandingan 5:1 dan aplikasikan dengan scrape atau trowel bergerigi. Lakukan pemasangan keramik seperti biasa dengan jeda waktu maksimal 10 menit sejak Superfix dipulaskan. Setelah 24 jam, gunakan lagi Supergrout untuk pengisian nat sesuai warna yang diinginkan.

"Dengan pengaplikasikan seperti ini menggunakan rangkaian produk Aquaproof seperti Aquagard, Super Cement, Superfix, dan Supergrout kita bisa lebih tenang dan nyaman menggunakan kamar mandi selama beberapa tahun ke depan.

Bukan hanya menyediakan rangkaian produk yang tepat, Aquaproof juga berinovasi terkait layanan sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan informasi maupun mengakses produknya. Seluruh produk Aquaproof tersedia di toko bangunan, modern outlet, maupun marketplace seperti Blibli, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan JD.id.



Simak Video "Murah Meriah Perlengkapan Kamar Mandi Daur Ulang Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(upl/upl)