Perjalanan Kereta Api dari Yogya Ikut Terimbas Banjir Jakarta

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 17:00 WIB
Sebuah kontainer mogok di perlintasan kereta api di Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (16/2). Beruntung kontainer berhasil dievakuasi sebelum kereta datang.
Foto: Pradita Utama
Yogyakarta -

Banjir yang melanda Jakarta berdampak terhadap jadwal keberangkatan kereta api dari Yogyakarta. Bahkan beberapa diantaranya terpaksa dibatalkan.

Manager Humas PT KAI wilayah Daop 6 Supriyanto mengatakan, dampak cuaca ekstrem di wilayah Jakarta memang mengakibatkan perjalanan KA jarak jauh dari Yogyakarta terhambat. Dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi tersebut PT KAI melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan hari ini.

"Khususnya KA (kereta api) dari dan menuju Jakarta," ucapnya melalui keterangan tertulis, Minggu (21/2/2020).

Secara rinci, Supriyanto mengungkapkan, ada beberapa jadwal KA yang keberangkatannya dibatalkan dari stasiun Pasar Senen dan Gambir imbas banjir yang melanda Jakarta. Seperti Pasar Senen menuju atau meewati Daop 6 Yogyakarta ada KA 254 Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.10 WIB.

"Sedangkan dari atau melewati Daop 6 Yogyakarta menuju Pasar Senen yang batal ada 5, seperti KA Progo, relasi Lempuyangan - Pasar Senen, KA senja utama solo, relasi Solo - Pasarsenen, KA Singasari, relasi Blitar - Pasarsenen, KA Jayakarta, relasi Surabaya Gubeng - Pasarsenen dan KA Bengawan, relasi Purwosari - Pasarsenen," ucapnya.

Sedangkan dari Stasiun Gambir menuju/lewat Daop 6 Yogyakarta ada 3 perjalanan seperti KA 76A Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) keberangkatan Gambir pukul 17.00 WIB, KA 72A Gajayana (Gambir-Malang), keberangkatan Gambir pukul 18.10 WIB dan KA 8A Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan Gambir pukul 20.00 WIB.

"Untum KA lewat Daop 6 Yogyakarta menuju Gambir yang batal adalah KA Bima, relasi Surabaya Gubeng - Gambir, KA Gajayana, relasi Malang - Gambir dan KA Argo Dwipangga, relasi Solobalapan - Gambir," ucapnya.

Bagi pelanggan KA yang sudah memesan tiket pada KA yang dibatalkan perjalanannya dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Di mana KAI akan mengembalikan secara penuh

"Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen," ucapnya.



Simak Video "Semarang Banjir, Jalan-jalan Tergenang dan Bandara Sempat Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)