Jokowi Minta Perbaikan Tanggul Sungai Citarum Beres 2 Hari

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 16:39 WIB
Jokowi tinjau tanggul Sungai Citarum yang jebol (Foto: Tangkapan layar video dok. Agus Suparto)
Foto: Jokowi tinjau tanggul Sungai Citarum yang jebol (Foto: Tangkapan layar video dok. Agus Suparto)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jebolnya tanggul Sungai Citarum dapat diselesaikan maksimal dalam 2 hari ke depan. Hal itu diungkapkannya usai melakukan peninjauan ke lokasi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dalam proses tinjauan itu, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jokowi menceritakan, tanggul Sungai Citarum jebol pada pukul 22.00 WIB hari Sabtu, 20 Februari 2021.

"Ada 3 titik yang mengalami jebol tanggul seperti ini, tetapi 2 hari yang lalu sudah mulai dikerjakan dan ini Insya Allah tadi saya memberikan target maksimal 2 hari lagi sudah harus selesai tanggulnya sehingga semuanya berfungsi normal kembali," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (24/2/2021).

Pada kesempatan itu, Jokowi mendatangi area tanggul Sungai Citarum yang jebol. Area tersebut terlihat sudah diganti oleh tumpukan material. Orang nomor satu di tanah air ini pun langsung berdiri di atas tanggul sementara.

Selain memberikan target penyelesaian tanggul yang jebol selama 2 hari, Jokowi juga telah menginstruksikan perbaikan rumah-rumah warga yang terdampak.

"Masyarakat yang terkena dampak tadi sudah kita, di sini ada tadi ada 30, juga perumahannya akan segera diselesaikan dalam waktu yang secepat-cepatnya," ungkapnya.

Simak video 'Jokowi Tinjau Tanggul Sungai Citarum yang Jebol':

[Gambas:Video 20detik]



(hek/hns)