Bagaimana Perkembangan Infrastruktur Bisa Dongkrak Ekonomi Kawasan?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 13:40 WIB
Potret Pengembangan Infrastruktur di Bekasi
Foto: Potret Pengembangan Infrastruktur di Bekasi (Istimewa/dok. Adhi Karya)
Jakarta -

Perkembangan Infrastruktur di Kota Bekasi kian meningkat, terlihat dari banyaknya Infrastruktur baru yang tersedia di Kota Bekasi saat ini seperti pembangunan jalan tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), jalur LRT, jalur Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang melewati Bekasi, serta Tol Elevated Jakarta-Cikampek.

Proyek Pembangunan tersebut termasuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) dimana Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pada tahun 2021 akan melanjutkan percepatan PSN dengan target penyelesaian 38 Proyek dengan total nilai investasi sebesar Rp 464,6 triliun.

Kepala Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB) Harun Al Rasyid juga menyampaikan, perkembangaan Bekasi saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai penopang Jakarta, namun sebagai wilayah mitra bahkan Kota Bekasi sedang mengarah pada sebuah kota metropolis.

"Gencarnya pembangunan berbagai proyek infrastruktur terutama di bidang transportasi akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi perkembangan kawasan dan akan mengubah wajah Kota Bekasi menjadi lebih baik di masa yang akan datang," katanya.

Masih menurut Harun, pembangunan LRT, Tol Becakayu, serta elevated Tol Jakarta-Cikampek tentunya selain mengurangi tingkat kemacetan yang setiap hari terjadi di jalan-jalan menuju Jakarta, juga akan menimbulkan dampak terhadap perkembangan ekonomi daerah. Dengan transportasi publik yang semakin nyaman akan makin banyak masyarakat yang menjadi kaum sub urban dari Bekasi.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Eka Supria Atmaja kerap menegaskan bakal mempercepat realisasi pembangunan Kota Bekasi di tahun ini. Percepatan akan dilakukan karena beberapa tahun terakhir pembangunan fisik biasanya baru dilaksanakan pada semester kedua tapi pada tahun ini akan dikerjakan pada triwulan pertama sehingga progres maupun hasilnya akan lebih cepat.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Luhut: Eratkan Persatuan, Kurangi Pertikaian yang Tidak Perlu"
[Gambas:Video 20detik]