Beroperasi Resmi Besok, Mulia-Marelan Lewat Tol Masih Gratis

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 21:15 WIB
Tol Medan-Binjai dibuka fungsional selama libur Natal dan Tahun Baru
Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta -

Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) Segmen Tanjung Mulia-Marelan sepanjang 4,2 km mulai beroperasi secara resmi besok, Kamis (11/3/2021) pukul 07.00 WIB.

Tol tersebut sudah dioperasikan secara fungsional dalam rangka pelayanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 lalu. Jalan bebas hambatan yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) itu dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero).

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan Uji Laik Fungsi (ULF) sudah dilakukan pada 14 hingga 15 Desember 2020 dengan hasil yang cukup baik.

Hutama Karya telah mendapatkan surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 260/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan.

"Setelah kami mengantongi izin pengoperasian dari Menteri PUPR barulah kami secara resmi membuka untuk umum Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan ini," kata dia melalui keterangan tertulis, Rabu (10/3/2021).

Sebelumnya, Tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Marelan-Helvetia sepanjang km sudah dioperasikan lebih dulu sejak 6 Mei 2019 sesuai Keputusan Menteri PUPR Nomor 428/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Medan-Binjai Segmen Marelan-Helvetia.

Saat ini, lanjut dia Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Tanjung Mulia menuju Marelan masih belum dikenakan tarif, sedangkan untuk Segmen Marelan menuju Helvetia sudah dikenakan tarif sesuai Keputusan Menteri PUPR Nomor 429/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Medan-Binjai Segmen Marelan-Binjai.

"Kami berharap dengan dioperasikan Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan dapat mempermudah akses pengguna jalan tol yang ingin melintas di Jalan Tol Medan-Binjai," tambahnya.

Melalui keterangan terpisah, Operation Management Department Head Regional Jasamarga Nusantara Tollroad Division, Taufiqul Hidayat menyampaikan bahwa berdasarkan realisasi volume lalu lintas saat Junction Tj Mulai dioperasikan secara fungsional, rata-rata perhari mencapai 6.063 kendaraan dari ruas tol Belmera dan MKTT yang melintas ke ruas Tol Mebi.

"Layanan yang maksimal memang sudah seharusnya diberikan kepada pengendara. Dengan terintegrasinya ruas tol MKTT dan Belmera ke Mebi kali ini, akan semakin meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna jalan tol wilayah Medan dan sekitarnya," tutupnya.



Simak Video "9 Tol Mau Dijual ke Swasta, Ada yang Minat?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)