Deretan Fasilitas yang Mangkrak di Megaproyek Hambalang Rp 2,5 T

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 16 Mar 2021 21:00 WIB
Sejak terbukti dikorupsi, pembangunan Kompleks Olahraga Hambalang terhenti. Kini kondisinya sangat memprihatinkan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Mega proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat yang terbengkalai di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang dipertimbangkan untuk dilanjutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (16/3/2021).

Proyek Hambalang niatnya ingin dijadikan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan olahraga yang bertaraf Internasional. Namun keinginan itu sejak dibangun pada 2010, sampai saat ini belum terwujud juga.

Berdasarkan catatan detikcom, proyek itu berdiri di atas tanah seluas 32 hektare (Ha) dan dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari masjid, asrama, dan lapangan sepakbola telah dibangun.

Fasilitas sarana dan prasarana lainnya yang juga mangkrak yakni sport sains, lapangan menembak, ekstrem sport, panggung terbuka, hingga volley pasir. Proyek Hambalang itu digadang-gadang senilai Rp 2,5 triliun.

Namun selama pembangunannya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus adanya praktek korupsi yang dilakukan sejumlah pihak. Terbukti ada 'kongkalikong' antara sejumlah pihak sejak perencanaan pembangunan proyek Hambalang ini.

Siapa saja pihak yang terlibat? klik halaman berikutnya.

Simak juga 'My Trip My Adventure: Sensasi Offroad di Bukit Hambalang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2