3 Fakta Bandara Toraja yang Membelah 3 Bukit

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 20:30 WIB
Bandara Tana Toraja di Sulawesi Selatan dibangun dengan membelah 3 bukit. Yuk intip penampakannya.
Foto: Istimewa/BKIP Kemenhub
Jakarta -

Bandar Udara (Bandara) Toraja hari ini resmi beroperasi. Biaya dari proyek pembangunan bandara ini tidaklah sedikit karena adanya kerumitan dari sisi lokasi.

Bandara ini diresmikan langsung pagi tadi oleh Presiden Joko Widodo. Selain Bandara Toraja, Jokowi juga meresmikan Bandar Udara Pantar, Kabupaten Alor, NTT. Ada 3 fakta menarik dari Bandara Toraja.

1. Membelah 3 Bukit

Jokowi menjelaskan, proyek Bandara Toraja tersebut menghabiskan biaya sekitar Rp 800 miliar.Uang tersebut dihabiskan paling banyak untuk membenahi 3 bukit agar bisa dibuat lapangan udara.

"Saya tadi tanya pak menteri habisnya berapa ini bandara? Rp 800-an miliar. Karena harus memotong tiga bukit, tiga bukit dipotong. Tanah yang harus dibuang dari sana ada 6 juta meter kubik. Jumlah yang memang ini bandara ini unik sekali, memotong bukit, tiga bukit sehingga runaway-nya bisa dibangun," ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (18/3/2021).

Bandara Toraja memiliki runaway sepanjang 2.000 meter. Namun yang baru bisa beroperasi sepanjang 1.700 meter dengan lebar 30 meter.

Apalagi fakta lain soal Bandara Toraja? klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2