Menhub Dapat PR Khusus dari Jokowi soal Bandara Kuabang yang Sepi

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 13:04 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan tiba di Bandara Kuabang, Kabupaten Halmahera Utara
Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Bandara Kuabang di Halmahera Utara, Maluku. Ada arahan khusus yang berikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait bandara tersebut.

Dalam sambutannya Budi mengatakan bahwa selama pandemi COVID-19 Bandara Kuabang begitu sepi. Sebab bandara itu hanya melayani pesawat carter saja. Padahal sebelum pandemi ada 2 penerbangan yang menuju bandara tersebut.

"Secara jujur kami sampaikan memang di masa pandemi praktis hanya charter yang ada di sini dan kami sedang bicara dengan para operator untuk pengadaan fasilitas atau konektivitas ke sini dan mohon arahan Pak Presiden," ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (24/3/2021).

Budi sendiri mengusulkan agar konektivitas di sekitar bandara tersebut dikembangkan. Seperti memperlebar jalan dari daerah Sofifi menuju Bandara Kuabang.

Mendengar hal itu, Jokowi justru memberikan tugas kepada Budi dan jajarannya akan meningkatkan akses penerbangan di bandara tersebut.

"Pagi hari ini saya perintahkan kepada Menteri Perhubungan dan Dirjen untuk di aiport Kuabang ini paling tidak secepatnya diusahakan menimal seminggu dua kali flight menuju ke sini," tuturnya.

Menurut Jokowi pembukaan penerbangan itu harus dilakukan secepatnya. Sehingga ketika pandemi berlalu, bandara tersebut sudah siap menampung penerbangan yang bertambah.

"Sehingga nanti kalau keadaan normal bukanya tidak terlalu kencang, sudah ada tahapan 2 kali seminggu kemudian baru naik lagi ke keadaan normal 3 kali sehari," terangnya.

Simak Video: Jokowi Resmikan Terminal Bandara Kuabang di Maluku Utara

[Gambas:Video 20detik]



(das/zlf)