Pertamina Bangun TBBM di Pelabuhan Wae Kelambu, Beroperasi 2023

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 26 Mar 2021 14:28 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Manggarai Barat -

PT Pertamina Persero membangun terminal bahan bakar minyak (TBBM) di Terminal Multipurpose Wae Kelambu, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Proyek tersebut ditargetkan rampung tahun 2023.

TBBM Pelabuhan Labuan Bajo akan menjadi lumbung BBM untuk Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat. Proyek tersebut dijalankan untuk mendukung Labuan Bajo menjadi Destinasi Pariwisata Super Premium.

TBBM LabuanBajo akan memiliki enam tangkiBBM dengan kapasitas penampungan 1.500 kiloliter. Adapun jenis bahan bakar yang disediakan, yakni avtur, gasoline (Premium,Pertalite,Pertamax),gasoil (Biosolar,Dexlite,Dex). Masing-masing jenis diberikan jatah 500 KL.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan keberadaan TBBM di Labuan Bajo akan memangkas waktu distribusi BBM ke Manggarai dan Manggarai Barat.

"Pasokan BBM saat ini disuplai dari 4 TBBU, dimana TBBM terdekat jarak 200 km butuh 6-7 jam pengiriman. Untuk tangki TBBM Avtur lebih jauh lagi karena ini disuplai dari TBBM Ende jaraknya ekitar 400 km. Butuh waktu sekitar 20 jam pengirmannya," jelas Nicke dalam acara Groundbreaking TBBM
Pelabuhan Labuan Bajo, Jumat (26/3/2021).

Selain itu, coverage day BBM di Manggarai dan Manggarai Barat diproyeksikan turut meningkat dari saat ini hanya 6 hari, menjadi 17 hari setelah adanya TBB Pelabuhan Labuan Bajo.

Dalam pembangunan TBBM Labuan Bajo, Pertamina menjalin sinergi dengan Pelindo III. Kementerian Perhubungan juga mendukung jalannya kolaborasi antara dua perusahaan BUMN tersebut.

Diungkapkan Menteri Perhubungan Budi KaryaSumadi, pembangunanTBBM di Terminal MultipurposeWae Kelambu akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pasokanBBM diManggarai Barat.

Masyarakat setempat, pelaku usaha transportasi, serta wisatawan yang datang ke Labuan Bajo juga semakin mudah mendapatkan BBM.

"Sinergi seperti yang penting untuk kita lakukan. Dengan adanya sinergi ini segala sesuatu menjadi lebih mudah. Kita harapkan kerja sama yang sudah terjadi ini menjadi pattern, untuk selanjutnya (proyek pembangunan) bisa dilakukan bersama-sama," ungkap Budi Karya.

Nicke menambahkan sudah ada tiga proyek kerja sama Pertamina dan Pelindo dalam hal penyediaan BBM. Pertama di Patimban Subang, Jawa Barat, kedua di Kuala Tanjung, Sumatera Utara.

(ega/hns)