Cerita Basuki Bangun Rumah Baru Usai Kena Gusur Proyek Tol

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 17:53 WIB
Basuki Hadimuljono
Foto: Soraya Novika
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dirinya tengah membangun rumah. Sebab, rumahnya yang lama kena gusur proyek.

Basuki berencana, di rumahnya yang baru ini akan memakai kompor induksi.

"Kalau kita bisa bersinergi menggunakan kompor induksi tadi, saya kebetulan sedang bikin rumah karena rumah saya mau digusur mungkin ini jadi ide juga memakai kompor induksi," katanya dalam acara Sinergi PLN dengan BUMN & Kementerian PUPR, Rabu (31/3/2021).

Sebagaimana diketahui, rumah Basuki berada di lokasi proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Rumahnya merupakan salah satu rumah yang kena gusur.

Lebih lanjut, adapun dalam acara tersebut ada tiga agenda penandatangan nota kesepahaman. Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menyebut, pertama, PLN dan 9 BUMN bidang jasa konstruksi sepakat untuk mewujudkan kemandirian, ketahanan energi nasional dan mewujudkan energi bersih.

"Kedua PLN menegaskan kembali kerja sama dengan Bank BTN dalam rangka mendukung gerakan konversi 1 juta kompor LPG ke kompor induksi serta pemanfaatan layanan perbankan," lanjutnya.

Ketiga, PLN bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) tentang integrasi data pengguna listrik penerima Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Dengan tercapainya kesepakatan tersebut menjadi landasan bersama untuk mendorong penggunaan kompor induksi pada proyek unit perumahan dan apartemen yang sedang dan akan dibangun, menciptakan kemudahan mitra kerja yang menerapkan program konversi kompor LPG ke kompor induksi," ujarnya.

Tonton juga Video: Viral Gibran Duduk di Meja Depan Menteri Basuki, Begini Faktanya

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)