Kapan Tol Cinere-Serpong Dibuka? Jasa Marga: Pukul 22.00

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 02 Apr 2021 21:45 WIB
Foto udara memperlihatkan Gerbang Tol Pamulang jalan tol Serpong Cinere di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (1/4/2021). Kementerian PUPR resmi mengoperasikan  Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang serta Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, pengoperasian tol tersebut diharapkan mampu memecah kepadatan yang terjadi di Tol JORR II. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Jakarta -

PT Jasa Marga (Persero) mengumumkan pengoperasian jalan tol Cinere-Serpong khususnya ruas Serpong-Pamulang dan jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran mulai beroperasi pada pukul 22.00 WIB hari ini, Jumat (2/4/2021).

Hal itu juga menjawab beberapa laporan masyarakat yang siang hari ini tidak bisa menjajal aspal di ruas jalan tol tersebut.

"(Dibuka) Jumat malam ini pukul 22.00 WIB," kata Corporate Secretary Jasa Marga M Agus Setiawan saat dihubungi detikcom.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakab, masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan jalan tol ini secara maksimal.

Dia menyebut, Jasa Marga melalui PT CSJ dan PT JKC akan mengoperasikan dua jalan tol ini sejak pukul 22.00 WIB.

"Dengan dibukanya dua jalan tol ini, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta, demikian pula sebaliknya. Untuk sementara waktu, pengguna jalan dapat mengakses dua jalan tol ini tanpa tarif, sebagai bentuk sosialisasi kami kepada masyarakat," kata Heru.

Pada tahap pengoperasian awal, perusahaan memberlakukan tanpa gratis selama 14 hari ke depan. Namun begitu, Heru mengatakan bagi perjalanan menerus dari Pamulang/Serpong menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, tetap akan dikenakan tarif untuk Jalan Tol ruas Kunciran-Serpong yang telah beroperasi lebih dahulu sejak 2019, dengan tarif Rp 20.000.

"Untuk itu, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol, dan juga tidak lupa tetap mematuhi peraturan selama masa sosialisasi ini," tutup Heru.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km dibagi menjadi dua seksi yaitu:
- Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km
- Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km

Sementara itu, untuk Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki total panjang 14,19 km dibagi menjadi empat seksi yaitu:
- Seksi 1 Kunciran Junction-Tirtayasa sepanjang 2,04 km
- Seksi 2 Tirtayasa-Benteng Betawi sepanjang 3,52 km
- Seksi 3 Benteng Betawi-Husein Sastranegara sepanjang 6,57 km
- Seksi 4 Husein Sastranegara-Benda Junction sepanjang 2,06 km



Simak Video "9 Tol Mau Dijual ke Swasta, Ada yang Minat?"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)