BUMN Karya Bangun Apartemen Pakai Energi Bersih

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 10 Apr 2021 14:40 WIB
Ilustrasi kompor induksi, kompor listrik
Foto: Getty Images/iStockphoto/brizmaker
Jakarta -

PT Amarta Karya (Persero) atau Amka bersama 8 BUMN konstruksi telah meneken nota kesepahaman dengan PLN dalam rangka mewujudkan energi bersih melalui gerakan kompor induksi di sektor konstruksi pada 31 Maret 2021 lalu. Gerakan ini akan diimplementasikan pada pembangunan Apartemen Modern Kranji.

Peletakan batu pertama (groundreaking) telah dilakukan di Bekasi (8/4/2021). Amka dan Datap Sentosa Developer telah melakukan penandatangan kerja sama sebelumnya.

"Kami ingin properti ini bisa menjadi hunian yang nyaman dan investasi yang menjanjikan di masa depan," kata Direktur Utama Amka Nikolas Agung, Sabtu (10/4/2021).

Lanjutnya, Amka juga akan meluncurkan sebuah sistem yang diberi nama Amarta Geospasial Solution, di mana sistem tersebut menerapkan teknologi Building Information Model (BIM). Teknologi BIM merupakan salah satuteknologidi bidang AEC (Architecture, Engineering dan Construction) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi.

"Teknologi BIM dapat membantu pemerintah dalam menambah ataupun mempermudah pengembangan urban city. Kami akan mempelopori teknologi tersebut pada proyek ini, hingga kelak Bekasi akan punya data center untuk pengembangan urban city," ujar Nikolas.

"Secara kontrak, kami mempunyai waktu 18 bulan untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Dan, maksimal dalam kurun waktu 24 bulan, kami akan melakukan serah terima," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2