Bukan Cuma Emak-emak di Angke, Ini 3 Aksi Pemotor Nyelonong ke Jalan Tol

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 20:30 WIB
Tangkapan layar video viral motor masuk Tol Angke
Foto: Tangkapan layar video viral motor masuk Tol Angke

2. Pemotor Masuk Tol Cibitung Malam-malam

Kejadian motor nyelonong masuk ke ruas jalan tol pun terjadi di awal tahun ini. Tepatnya ada motor yang masuk ke dalam ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Dari penelusuran dan pengamatan pada rekaman video amatir yang beredar di media sosial, Jasa Marga menyebutkan posisi motor ada di Km 32 arah Cikampek (daerah Cikarang).

"Diduga pengendara masuk dari akses tol terdekat, yaitu akses Tol Cikarang Barat 4 arah Cikampek," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Corry Annelia Poundti dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (27/1/2021).

Pemotor masuk ke ruas jalan tol itu diduga karena kurang memperhatikan jalan. Lokasi yang diduga menjadi akses masuk pemotor itu sendiri memang tidak terdapat gerbang tol.

"Pada akses tol tersebut, tidak terdapat gerbang tol karena pengguna jalan tol tidak dikenai transaksi pembayaran. Pengguna jalan tol dapat langsung masuk ke jalan tol dan melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol keluar (off ramp-pay)," jelasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, pengendara motor masuk ke ruas jalan tol tersebut karena tersasar. Pemotor tidak mengubah setting-an kendaraan yang digunakan saat menggunakan aplikasi navigasi.

"Berdasarkan pengakuan pengendara motor yang pernah diamankan petugas kami sebelumnya, pengendara motor yang salah masuk ke jalan tol disebabkan pengendara tersebut menggunakan aplikasi navigasi perjalanan tanpa mengubah jenis kendaraan yang digunakan (motor/roda 2). Sehingga aplikasi navigasi perjalanan tersebut akan menunjukkan arah jalur mobil/kendaraan roda 4 menuju lokasi yang dituju," paparnya.

3. Emak-emak Masuk Tol Jagorawi

Sama-sama dilakukan emak-emak, kali ini kejadian motor masuk jalan tol terjadi di Tol Jagorawi. Seorang emak-emak tanpa helm masuk Tol Jagorawi viral di media sosial.

Polisi menduga ibu-ibu tersebut memiliki kondisi gangguan kejiwaan. Kainduk Turangga 04 Jagorawi Kompol Fitriasa Kamila Tasran mengatakan pemotor tersebut berinisial HN (35).

Saat dievakuasi pada Selasa (17/2) sekitar pukul 22.00 WIB, komunikasi HN tidak nyambung.

"(Diberhentikan petugas) di Km 32.800 pukul 22.00 WIB. Pas kita evakuasi nggak nyambung, kayak orang depresi seperti itu," kata Fitriasa saat dihubungi detikcom, Kamis (18/2/2021).

Fitriasa mengatakan tidak banyak keterangan yang bisa digali oleh petugas dari HN.

Dia hanya menyebut, dari kartu identitas yang ditemukan, NH diketahui sebagai warga Megamendung, Kabupaten Bogor. Perihal apa penyebab HN masuk tol juga tidak jelas.

"Nggak ada, dia nggak bisa diajakin ngomong kayak ya orang diduga stres gitu," ungkap Fitriasa.

Aksi NH diketahui terekam video amatir warga. Dalam rekaman video viral, terlihat ibu-ibu naik motor tanpa helm melintas di ruas jalan tol. Ibu-ibu itu berjalan di jalur 3 ruas jalan tol.



Simak Video "Permintaan Maaf Yulianti usai Pamer Kerumunan-Sebut Corona Tak Ada"
[Gambas:Video 20detik]

(hal/dna)