Cakep! LRT Cibubur-Cawang Makin Siap Dilintasi Si 'Ular Besi'

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 11:45 WIB
LRT Cibubur-Cawang
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Konstruksi LRT Jabodebek lintasan Cibubur-Cawang terlihat semakin siap untuk dilintasi si ular besi. Secara keseluruhan, LRT Jabodebek fase I terdiri dari lintasan Cibubur-Cawang, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

detikcom hari ini, Kamis (22/4/2021) menelusuri rute LRT Cibubur-Cawang. Berdasarkan pantauan di kawasan LRT Cibubur, stasiun di sana sudah tampak berdiri kokoh. Dari kejauhan tak terlihat kegiatan konstruksi di area luar stasiun. Namun, tidak tahu apakah masih ada pekerjaan di dalam stasiun.

Di area Stasiun LRT Cibubur juga tampak rangkaian kereta yang sedang beristirahat. Kalau tidak salah, ada dua rangkaian yang membentang sehingga amat mudah dilihat ketika melintasi jalan di kawasan Cibubur.

Sarana kereta LRT Jabodebek memiliki lebar badan kereta maksimum 2.650 mm dan tinggi atap kereta maksimum 3.685 mm, sedangkan lebar relnya 1.435 mm. LRT memiliki kecepatan operasi maksimum 80 km/jam, dan kecepatan desain 90 km/jam.

LRT Cibubur-CawangLRT Cibubur-Cawang Foto: Trio Hamdani

Satu rangkaian LRT Jabodebek memiliki kapasitas angkut 740 orang pada kondisi normal, dan 1.308 penumpang pada kondisi padat dengan konfigurasi 174 penumpang duduk dan 566 penumpang berdiri.

Penelusuran pun dilanjutkan dari Stasiun LRT Cibubur menuju Stasiun Cawang. Terlihat jelas rel layang yang ditopang tiang-tiang pancang raksasa, seakan sudah siap dipijaki kereta untuk membawa penumpang dari Cibubur ke Cawang ataupun sebaliknya.

Namun, Stasiun LRT Cawang masih terlihat belum sempurna. Masih ada pekerjaan proyek yang dilakukan. Terlihat petugas yang tampak berdiri di area stasiun.

Pantauan detikcom, proses pekerjaan di Stasiun LRT Cawang sedang tidak macet. Kendaraan yang melintas melaju dengan kecepatan sedang sekitar pukul 10.30 WIB. Mungkin di jam kerja dan pulang kerja pemandangannya akan berbeda.

Simak juga 'Komut KAI Tinjau Langsung Progres Pengerjaan LRT Jabodebek':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)