Pembangunan Maritime Tower di Jakut Ditarget Rampung Medio 2021

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 16:20 WIB
Maritime Tower
Foto: dok. Pelindo II
Jakarta -

Pembangunan proyek Maritime Tower oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC mencapai progres 67,5%. Gedung perkantoran yang diproyeksikan menjadi ikon Jakarta Utara ini ditargetkan siap beroperasi pada semester II tahun 2021.

Dibangun pada area seluas 1,5 Ha, proyek Maritime Tower akan difungsikan sebagai one-stop service ekosistem jasa kepelabuhanan dan logistik. EVP Sekretariat Perusahaan IPC Ari Santoso menerangkan area perkantoran yang didukung dengan lokasi strategis dan berbagai fasilitas pendukung ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelaku bisnis kepelabuhanan dan logistik.

"Proyek Maritime Tower merupakan salah satu proyek strategis IPC," ujar Ari dalam keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021).

Ari mengulas pembangunan proyek Maritime Tower digarap oleh anak perusahaan IPC, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI). PT PPI lantas bermitra dengan PT PP Properti Tbk dan membentuk anak usaha, yakni PT Menara Maritim Indonesia (MMI) yang berperan sebagai pengembang sekaligus pengelola gedung Maritime Tower.

Di tahun 2021, PT PPI akhirnya mengakuisisi keseluruhan saham PT MMI. Hal itu ditandai dengan penandatanganan akta jual beli saham sebesar 21,13% atas PT MMI yang dimiliki oleh PT PP Properti Tbk.

"Melalui akuisisi saham ini, diharapkan IPC melalui PT PPI memiliki hak penuh dalam menentukan arah pengembangan dan implementasi kebijakan strategis secara optimal terkait PT MMI," urai Ari.

(prf/hns)