Tol Cipali Tembus Bandara Kertajati September 2021

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 15:33 WIB
Bandara Kertajati sudah beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Yuk lihat dari dekat berbagai sisi bandara ini.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) bakal dioperasikan pada September 2021. Jalan akses ini berasal dari ruas Tol Cipali. Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Agung Prasetyo mengatakan saat ini pembangunan sudah mencapai 58%.

"Progresnya sudah 58%, target kami diselesaikan September 2021," ujarnya dalam acara media gathering virtual, Senin (3/5/2021).

Meski akan beroperasi September, Agung menyebut, pihaknya pun siap mengoperasikan secara fungsional jika nantinya Bandara Kertajati melayani penerbangan haji.

Sementara itu, CEO Toll Road Business Group Astra Infra, Kris Ade Sudiyono mengatakan, pihaknya optimistis bisa mengoperasikan jalan akses Bandara Internasional Jawa Barat pada tahun 2021.

"Kita masih confirm selesai tahun ini, tapi ada ekspektasi dari pemda dan PUPR kalau seandainya embarkasi haji melalui Kertajati maka tol ini bisa difungsionalkan," kata Kris.

Sebelumnya, proyek pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang berlokasi di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat ini ditargetkan dapat mulai beroperasi pada November 2021. Proyek yang dimiliki oleh PT Astra Infra ini dikerjakan dengan masa pelaksanaan proyek selama 12 bulan dan masa pemeliharaan proyek selama 720 hari kalender sejak berita acara serah terima. PTPP dipercaya oleh PT Astra Infra untuk mengerjakan Paket 1 Mainroad.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh PTPP antara lain pekerjaan tanah & main road, pekerjaan overbridge (jembatan), pekerjaan box culvert, pekerjaan box traffic, pekerjaan ramp 6, pekerjaan ramp 7, dan sebagainya.

Pembangunan pekerjaan main road yang dilakukan oleh perseroan sebanyak 2 jalur dengan 4 lajur dengan panjang sekitar 1,85 kilometer. Sedangkan pekerjaan 2 ramp masing-masing terdiri 1 jalur dengan 2 lajur sepanjang 0,3 kilometer (km).

Proyek Jalan Tol Akses BIJB Kertajati merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali yang diharapkan akan menghubungkan Kota Bandung dan sekitarnya melalui Jalan Tol Cisumdawu menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati. Dengan adanya pembangunan proyek ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat akses. Selain itu, pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang serta perekonomian di sekitarnya.

(hek/ara)