Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jadi Tembus ke Surabaya, Pak Jokowi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 18 Mei 2021 13:36 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tengah disorot karena biaya pembangunannya membengkak. Yuk, lihat lagi perjalanan proyek ini yang ditargetkan rampung 2022.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal proyek kereta cepat sampai Surabaya. Hal itu tersebut ia sampaikan saat meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Jokowi berharap, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dapat memberikan transfer teknologi. Kemudian, SDM Indonesia mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat ini.

Jokowi selanjutnya menyinggung soal kereta cepat sampai Surabaya.

"Dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman yang Jakarta-Bandung," kata Jokowi seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/3/2021).

Berdasarkan laporan yang diterima Jokowi, progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung telah mencapai 73%. Kemudian, proyek ini masuk persiapan operasi awal tahun depan.

Proyek ini akan masuk uji coba pada akhir tahun 2022 dan setelah itu beroperasi.

"Nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi dan diharapkan nanti di akhir tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah bisa diujicobakan, tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasi, operasional," terangnya.

Simak juga 'Jokowi Sebut Kereta Cepat Jakarta Bandung Uji Coba Akhir Tahun 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)