Jokowi Blusukan ke Tol Pekanbaru-Bangkinang, Akhir Tahun Siap Dibuka

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 19 Mei 2021 10:41 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. Jalan tol ini merupakan sirip ruas jalan tol Dumai-Pekanbaru, bagian jaringan jalan tol Trans Sumatera.

Jalan tol ini, disebut Jokowi, nantinya tersambung hingga ke kota Padang, Sumatera Barat. Jokowi menjelaskan saat ini pembangunan tol tersebut sudah 40 km.

"Pagi hari ini saya mengunjungi dan melihat progress perkembangan pembangunan jalan tol Trans Sumatera di ruas Dumai-Pekanbaru, dan ini berada di sirip, Pekanbaru-Bangkinang dan nanti ke arah Padang," ujar Jokowi pada saat memberikan keterangan usai melakukan peninjauan, Rabu (19/5/2021).

"Sudah berjalan kurang lebih 40 km dan kita harapkan progress-nya makin hari makin panjang," ujarnya.

Jokowi mengatakan mobilitas barang dan orang bisa dilakukan makin cepat dengan bertambahnya ruas jalan tol yang dibuka, khususnya di Pulau Sumatera. Hal ini pun, akan meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain.

"Sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat. Lalu kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain," ujar Jokowi.

Secara lokal, produk-produk yang ada di Provinsi Riau hingga Provinsi Sumatera Barat akan makin mudah mobilisasinya dan bisa bersaing dengan produk impor.

"Produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang (Sumatera Barat), nantinya akan memiliki daya saing yang baik. Terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," tutur Jokowi.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2