Penerbangan Perdana Halim-Bandara Jenderal Soedirman 1 Juni

Vandi Romadhon - detikFinance
Kamis, 20 Mei 2021 13:33 WIB
Progres pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba Purbalingga Jawa Tengah Per 10 Januari 2021 baru mencapai 83,8350%.
Foto: Dok. Humas Pemkab Purbalingga
Purbalingga -

Target operasional Bandara Jenderal Besar Soedirman untuk penerbangan komersial mulai 1 Juni nampaknya akan menjadi kenyataan. Dalam aplikasi penjualan tiket sudah muncul penawaran harga tiket Jakarta menuju Purbalingga untuk tanggal 1 Juni 2021 lengkap dengan waktu tempuh dan jenis pesawat yang akan beroperasi.

Seperti yang dilihat detikcom Kamis (20/5/2021) dalam salah satu aplikasi penjualan tiket, harga tiket untuk sekali penerbangan dari Bandara Jakarta (HLP) menuju Purwokerto (PWL) Jendral Besar Sudirman tertulis Rp 509.500/org. Sementara pesawat yang digunakan adalah Citilink Jenis Airbus A320 dengan tata kursi 3-3.

Diwawancara terpisah Executive General Manager Bandara Jenderal Besar Soedirman Catur Sudarmono menyatakan jelang first flight 1 Juni mendatang, dari Angkasa Pura II selaku penyedia bandara telah mempersiapkan banyak hal. Mulai dari fasilitas untuk Airlines dan Airnav.

"Sarpras alat-alat elektronika juga sudah kami siapkan. Penyelesaian tinggal sisi infrastruktur pagar dan pemasangan paving saja," Katanya saat meninjau kesiapan bandara Selasa kemarin.

Terkait dengan kepastian operasionalisasi bandara pada tanggal 1 Juni 2021, pihaknya optimis bisa dilakukan. Hal itu didasarkan pada hasil rapat Tim Pengoperasian bandara di kantor pusat yang telah dilakukan sebelumnya.

"Artinya bahwa persiapan administrasi, dokumen, SBU sudah terbit semua, tinggal ini penyelesaian teknis dan fisik di lapangan saja. Administrasi antara Airlines dan Airnav juga dalam waktu dekat bisa selesai dengan teman-teman TNI," Tambahnya

Ia juga menginformasikan, Airlines atau maskapai penerbangan yang baru bisa melayani rute ke Bandara Jenderal Besar Soedirman yakni Citilink, yakni dengan rute ke Bandara Halim Perdanakusuma (HLP).

"Info yang kami dapat masih Citilink, untuk yang lain belum ada informasi secara pasti yang bisa kami sampaikan," Pungkasnya

Tonton juga Video: Perbaikan Runway Bandara Halim Selesai-Siap Digunakan

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)