Ada Kebakaran di Bawah LRT Jabodebek, Proyek Aman Nggak Ya?

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 21 Mei 2021 13:15 WIB
Jakarta -

Ada kebakaran di sekitar daerah Mampang, Jakarta Selatan. Tampak asap tebal membubung tinggi tepatnya di dekat proyek LRT Jabodebek.

Lalu, apakah kebakaran tersebut mengganggu proyek LRT?

PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) yang menggarap proyek LRT Jabodebek tersebut angkat suara. Direktur Operasi II ADHI Pundjung Setya Brata memastikan kebakaran tersebut tidak mengganggu proyek kereta ringan tersebut.

"Yang terbakar bis Trans Jakarta dan menurut info sekarang sudah padam dan tidak berhubungan atau mengganggu proyek LRT," tegasnya kepada detikcom, Jumat (21/5/2021).

Teranyar diketahui kebakaran terjadi di tempat transit bus di kawasan Jalan Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel). Total ada 5 mobil hangus terbakar dalam kebakaran itu.

Pantauan detikcom di lokasi, terdapat satu bus dengan logo Kementerian Perhubungan yang tampak hangus. Kaca-kaca di kendaraan itu pecah imbas kebakaran tersebut.

Kondisi badan bus itu secara keseluruhan pun sudah terlihat hangus. Kursi-kursi di bagian dalam bus nampak berwarna kehitaman usai dilalap api. Bau sisa-sisa kebakaran pun masih tercium di lokasi. Bus tersebut masih disirami air untuk mencegah munculnya kembali sumber api lain.

Selain membakar bus, api juga mengenai 4 mobil yang berada di dekat bus tersebut. Masing-masing 2 mobil pribadi dan 2 mobil polisi.

Sama seperti bus, kondisi 4 mobil tersebut mengalami kerusakan karena terbakar. Sejumlah bagian dari kendaraan itu baik di bagian depan dan belakang telah hancur.

Kepala Personel Grup A Sektor Mampang Damkar Jaksel, Sudrajat, mengatakan api bermula muncul dari bus. Api dari bus itu kemudian menjalar ke empat kendaraan lainnya.

"Jam 10 kejadian. Sampai di TKP kebakaran udah cukup besar dan kami atasi kebakaran ini 15 menit. Jadi tidak merembet yang lain. Yang kebakaran 1 unit bus dan 4 unit sedan pribadi," katanya ditemui saat di lokasi, Jumat (21/5/2021).

Saat ini garis polisi pun telah terpasang di lokasi kebakaran. Warga diminta untuk tidak mendekat kelima mobil yang terbakar tersebut.

(zlf/zlf)