Mau Jajal Jalan Tol yang Bisa Nyanyi? Di Sini Lokasinya!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 26 Mei 2021 11:00 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengenakan tarif tol di sejumlah ruas tol Trans Jawa. Salah satunya ruas tol Ngawi-Kertosono-Kediri (segmen Wilangan-Kertosono)
Foto: Sugeng Harianto/detikcom
Jakarta -

Salah satu ruas jalan tol Trans-Jawa memiliki fitur unik berupa jalan yang bisa bernyanyi alias singing road. Jalan tol ini akan mengeluarkan bunyi-bunyian setiap dilalui pengendara. Punya fitur unik, di mana saja jalan tol yang bisa bernyanyi ini bisa ditemui?

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR lewat akun Instagram resminya menjelaskan singing road terdapat pada ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Ada dua titik singing road sepanjang jalan tol itu.

Singing road bisa ditemui di titik pertama, tepatnya pada Km 616 Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Di titik ini pengguna jalan bisa mendengar dua nada dari lagu selamat ulang tahun.

"Singing road kedua berada di Km 644+200 B, arah Madiun-Solo. Terdiri dari 6 nada, sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, bernada lagu selamat ulang tahun," jelas BPJT dalam keterangan video pada akun Instagram @bpjt_info, dikutip detikcom, Rabu (26/5/2021).

Adapun singing road sendiri sudah dipasang di ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri sejak 25 Desember 2019. Tujuan pemasangannya untuk menekan kecelakaan dengan menjaga fokus pengendara.

'Nyanyian' yang muncul di jalan tol ini keluar dari marka jalan berbentuk rumble strip yang dipasang di jalan tol. Rumble strip itu ditata dengan jarak berdekatan.

Nah, saat dilindas ban mobil berkecepatan 80-100 km/jam, akan terdengar suara yang sangat jelas hingga ke dalam mobil.

(hal/fdl)