Unik! Ada Jalan Tol di RI yang Bisa Bernyanyi, Kok Bisa?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 27 Mei 2021 06:30 WIB
tol ngawi-kertosono
Foto: Sugeng Harianto
Jakarta -

Salah satu jalan tol di Indonesia punya fitur yang sangat unik, yaitu jalan yang bisa bernyanyi alias singing road. Jalan tol ini akan mengeluarkan bunyi-bunyian setiap dilalui pengendara.

Bagi yang penasaran mau menjajal, singing road ini terdapat pada ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Ada dua titik singing road sepanjang jalan tol itu.

Singing road ini bisa ditemui di titik pertama, tepatnya pada Km 616 Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Di titik ini pengguna jalan bisa mendengar dua nada dari lagu selamat ulang tahun.

"Singing road kedua berada di Km 644+200 B, arah Madiun-Solo. Terdiri dari 6 nada, sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, bernada lagu selamat ulang tahun," jelas BPJT dalam keterangan video pada akun Instagram @bpjt_info, dikutip detikcom, Rabu (26/5/2021).

Cara kerja singing road pun sangat sederhana. Pada jalan yang ditentukan berdasarkan evaluasi, dipasang marka jalan berbentuk rumble strip.

Marka jalan itu dipasang berdekatan, nah saat dilintasi mobil rumble strip ini akan mengeluarkan bunyi-bunyian.

"Saat dilindas ban mobil berkecepatan 80-100km/jam, akan terdengar suara yang sangat jelas hingga ke dalam mobil," jelas BPJT di unggahannya.

Di mana lokasi dan fungsi dari singing road? klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2