Wow! Jabodetabek Bakal Terhubung 'Cincin' Tol

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 28 Mei 2021 21:51 WIB
Foto udara memperlihatkan Gerbang Tol Pamulang jalan tol Serpong Cinere di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (1/4/2021). Kementerian PUPR resmi mengoperasikan  Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang serta Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, pengoperasian tol tersebut diharapkan mampu memecah kepadatan yang terjadi di Tol JORR II. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melelang 4 ruas jalan tol yang menjadi bagian jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 3. Jaringan tol ini membentang dari Kamal, Jakarta Utara, sampai dengan Karawang Barat.

"BPJT akan melakukan pelelangan untuk JORR 3 yang terdiri atas 4 ruas tol," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit, dikutip dari Antara, Jumat (28/5/2021).

Empat ruas jalan tol JORR 3 tersebut, pertama, Kamal-Teluk Naga-Rajeg sepanjang 38,6 km dengan nilai investasi Rp 18,76 triliun. Kedua, Semanan-Balaraja sepanjang 32,35 km dengan nilai investasi Rp 15,52 triliun.

Ketiga, tol Bogor-Serpong via Parung sepanjang 31,1 km dengan nilai investasi Rp 8,9 triliun. Keempat, ruas tol Sentul Selatan-Karawang Barat sepanjang 61,5 km dengan panjang Rp 15,37 triliun.

"Dengan demikian hingga 2024-2025 sampai dengan 2030, kawasan Jabodetabek akan memiliki lima jaringan atau ring Jalan Tol untuk kawasan tersebut," kata Danang Parikesit.

Kelima jaringan Jalan Tol tersebut terdiri dari enam ruas tol DKI Jakarta, Tol Dalam Kota, JORR 1, JORR 2 dan JORR 3.

"Dengan demikian pergerakan di wilayah perkotaan kawasan Jabodetabek bisa teralokasikan dan terselenggara dengan baik," ujar Kepala BPJT tersebut.

Masih ada info yang menarik, lanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler