Bandara JBS Purbalingga Resmi Operasi

Vandi Romadhon - detikFinance
Selasa, 01 Jun 2021 18:15 WIB
Bandara Jenderal Besar Soedirman/Bandara JBS
Foto: Bandara Jenderal Besar Soedirman/Bandara JBS (Vandi Romadhon/detikcom)
Purbalingga -

Moment hari kelahiran Pancasila di Kabupaten Purbalingga menjadi lebih berarti. Pasalnya ditandai dengan Proving flight pesawat citylink dari Bandara Jendral Besar Soedirman (JBS) menuju Bandara Juanda Surabaya menjadi penanda bahwa mulai hari ini Bandara JBS mulai aktif dan beroprasi.

"Ini merupakan moment yang patut dikenang berbarengan dengan hari kelahiran Pancasila Bandara JBS mulai aktif dioperasikan," Kata Bupati Purbalingga kepada wartawan di Bandara JBS, Selasa (1/6/2021)

Dengan beroprasinya bandara, dirinya berharap dampak ekonomi pada berbagai sektor khususnya untuk Jateng bagian barat selatan dapat meningkat. Kolaborasi antar Kabupaten Purbalingga dengan Kabupaten tetangga se-eks karesidenan Banyumas akan terus diupayakan agar kedepan Bandara JBS semakin berkembang.

"Kunci untuk memakmurkan bandara ini adalah kolaborasi antara kabupaten, saya berharap kedepan didorong event level regional karesidenan Banyumas agar kunjungan wisata dapat meningkat," Katanya

Terkait dengan peresmian bandara menurutnya saat ini bandara JBS belum diresmikan. Pihaknya masih menunggu jadwal Presiden Jokowidodo untuk datang dan meresmikan bandara.

"Ini belum diresmikan masih menunggu jadwal Pak Jokowi, saat ini baru pembukaan operasional bandara," jelasnya

Sementara Direktur Operasi Citilink Airlangga Sakti menyampaikan penerbangan menuju bandara JBS dijadwalkan dua kali dalam seminggu. Rute yang siap beroprasi antara lain Jakarta- Purbalingga (PP) dan Purbalingga- Surabaya (PP).

"Sementara kami baru dua kali dalam seminggu yaitu dihari keempat dan keenam, Kamis dan Sabtu. Untuk rute yaitu Halim-JBS dan JBS-Juanda," Teeangnya

Airlangga mengatakan penjualan tiket dari Jakarta menuju Purbalingga dan Purbalingga Surabaya sangat baik. Animo masyarakat tentang hadirnya bandara JBS dinilai cukup tinggi.

"Untuk pesawat ATR-72600 kapasitasnya 70 tapi karena menerapkan prokes kita dilimit 60 set, untuk lusa saja tanggal 3 Juni sudah terjual 40 set. Selain itu saya melihat animo masyarakat diluar itu banyak yang menonton saya merasa seneng terharu," Jelasnya

Melihat respon yang baik, dirinya mengaku akan berupaya untuk menambah rute penerbangan selain tujuan Jakarta dan Surabaya.

"Tentunya kami ingin menambah rute, tadi saya sampaikan ke angkasa pura akan menjajaki rute Purbalingga menuju Semarang," Pungkasnya

(dna/dna)

Tag Terpopuler