Mengintip Perkembangan Terkini Proyek LRT Jabodebek di Dukuh Atas

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 04 Jun 2021 16:19 WIB
LRT Jabodebek, Dukuh Atas
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Pembangunan LRT Jabodebek terus dilanjutkan, salah satunya di kawasan Dukuh Atas Jakarta Pusat. Jalur LRT dari Cawang kini sudah tersambung penuh di Dukuh Atas.

Dari pantauan detikcom langsung di lokasi, Jumat (4/6/2021), pembangunan LRT di Dukuh Atas sedang terfokus pada penyelesaian stasiun. Saat ini stasiunnya sendiri sudah mulai ada bentuknya.

Lintasan LRT pun sudah terbangun dan tersambung. Paling mentok, lintasan LRT berhenti tepat di Taman Dukuh Atas, dari situ belum ada pembangunan atau pengembangan lanjutan.

Lokasi proyek sendiri tertutup dan tidak dapat dilalui masyarakat secara umum, yang jelas beberapa alat berat tampak masih beroperasi di bawah lintasan LRT. Masih ada pula sisa-sisa bahan bangunan yang tertumpuk di bawah lintasan LRT.

LRT Jabodebek, Dukuh AtasLRT Jabodebek, Dukuh Atas Foto: Herdi Alif Al Hikam

Menurut Direktur Operasi II PT Adhi Karya, Pundjung Setya Brata, pembangunan di Dukuh Atas sedang berfokus untuk melakukan penyelesaian akhir pekerjaan arsitektur stasiun. Di sisi lain, stasiun juga mulai dilengkapi alur mekanik, listrik, dan perpipaan.

"Stasiun Dukuh atas saat ini dalam tahapan finishing pekerjaan arsitektur dan Domestic mechanical, electrical, and plumbing atau MEP," kata Pundjung kepada detikcom.

Dari pantauan detikcom, beberapa pekerja memang sangat sibuk melakukan pekerjaannya di atas stasiun. Beberapa orang tampak menyelesaikan pekerjaannya di atap stasiun.

Pundjung juga mengungkapkan pihaknya akan mengembangkan kawasan Dukuh Atas menjadi sebuah plaza dan ramah untuk pejalan kaki. Pihaknya sedang menunggu penetapan lokasi serta penyelesaian desain untuk melakukan rencana tersebut.

"Proyek LRT Jabodebek juga sedang melakukan sinkronisasi penlok dan design untuk pembangunan Plaza stasiun LRT Dukuh Atas," ungkap Pundjung.

Pundjung mengatakan area Dukuh Atas nantinya juga akan diintegrasikan dengan beberapa moda transportasi lain di sekitarnya. Mulai dari MRT Jakarta, Kereta Commuter Indonesia, Railink Bandara, hingga Transjakarta.

Secara penuh, realisasi konstruksi proyek LRT Jabodebek per 28 Mei 2021 adalah 84,76%. Pundjung menjelaskan di rute Cawang-Dukuh Atas saat ini progresnya sudah mencapai 84,30%.

Kemudian di lintasan Cibubur-Cawang progresnya mencapai 93,82%. Lalu, lintasan terakhir dari Bekasi Timur ke Cawang progresnya sudah 78,88%, pembangunan ini sudah termasuk depo.



Simak Video "Bangganya Menhub Kala Jajal LRT Jabodebek Karya Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)