China Bakal Garap Proyek Tol hingga Pipa Distribusi BBM di RI

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 11:54 WIB
Tol Palembang-Kayu Agung (Raja-detikcom)
Foto: Tol Palembang-Kayu Agung (Raja-detikcom) Ilustrasi
Jakarta -

PT Waskita Karya dan China Communications Construction Company Co. Ltd (CCCC) telah menandatangani kesepakatan kerja sama terkait pembangunan infrastruktur transportasi dan industri lainnya di Indonesia pada Minggu (6/6/2021) kemarin. Seremoni penandatanganan kerja sama tersebut diselenggarakan secara online.

Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Destiawan Soewardjono selaku perwakilan dari PT Waskita Karya dan Yun Liang selaku Executive Director China Communications Construction Company. Acara tersebut juga disaksikan oleh Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Wamenkeu Suahasil Nazara.

Isi kerjasama antara kedua perusahaan ini mencakup pengembangan infrastruktur transportasi dan industri lainnya seperti proyek tol Kayu Agung - Palembang - Betung, tol Ciawi - Sukabumi, Pipa Distribusi BBM Cikampek - Plumpang, Revetment Pelabuhan Benoa Bali, serta sejumlah proyek infrastruktur lainnya.

Presiden Direktur Waskita Destiawan Soewardjono mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mendorong perekonomian secara nasional.

"Sektor konstruksi dan infrastruktur adalah salah satu sektor vital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Destiawan.

"Melalui sinergi dengan pengembang infrastruktur besar seperti CCCC, maka keuntungannya tidak hanya memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan, tapi juga membawa manfaat bagi negara dan masyarakat," lanjutnya.

Selain itu Menteri BUMN Erick Thohir ikut menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya sektor konstruksi harus terus dijalankan guna memperkuat konektivitas dalam negeri sehingga dapat membantu laju ekonomi selama masa pandemi ini berlangsung.

"Sektor konstruksi harus terus berjalan, bukan hanya untuk memperkuat konektivitas dalam negeri tetapi sebagai salah satu aktivitas penggiat ekonomi yang akan membantu Indonesia tumbuh selama dan di pasca pandemi. Bagaimanapun, kita harus bisa keluar dari krisis akibat pandemi dan tetap memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak," ujar Erick.



Simak Video "Korupsi Proyek Fiktif, 5 Eks Pejabat Waskita Divonis 4-7 Tahun Bui"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)