35 Proyek Infrastruktur Rp 239 T Digeber Mulai Tahun Depan

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 17:41 WIB
Foto udara pembangunan konstruksi ruas jalan tol  Padang-Sicincin di Jl Bypass KM 25, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat (19/6/2020). PT Hutama Karya (Persero) terus mengebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin/Pacin) sepanjang 36 kilometer, dengan lahan yang sudah dibebaskan dan dikerjakan sejauh 4,2 kilometer, sedangkan sisanya masih diproses di BPN. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.
Ilustrasi proyek tol/Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Ketiga, bidang infrastruktur permukiman. Pada bidang infrastruktur ini akan ada 7 proyek KPBU dengan estimasi investasi hingga Rp 24,3 triliun. Ke-7 proyek tersebut adalah Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Magelang, SPAM Karian Serpong (sisi hilir), SPAM Batang, SPAM Regional Petanglong, SPAM Jatiluhur II, SPAM Regional Sarbagikung, dan PSEL Sarbagita.

Keempat, bidang infrastruktur perumahan. Pada bidang infrastruktur ini akan ada 4 proyek KPBU dengan estimasi investasi Rp 44,72 triliun. Terdiri dari Rusun TOD Makasar, Penyediaan Perumahan KIPP IKN (Rusun Negara Tahap I), Rusun Daan Mogot, dan Rusun Sei Mangkei.

Diharapkan, seluruh proyek tersebut dapat menyelesaikan financial close-nya paling lambat 2024 mendatang.

"Maka untuk KPBU kami berharap di tahun 2024, ini sudah dilakukan financial close, tinggal konstruksi," ucapnya.


(hns/hns)