KAI Buka 2 Rute Baru di Jawa, Segini Harga Tiketnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 13 Jun 2021 11:58 WIB
Ilustrasi Kereta Api DAOP 5 Purwokerto
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta -

Dua rute baru kereta api siap diluncurkan PT KAI (Persero). Rute yang pertama dibuka adalah relasi Bandung-Purwokerto dengan KA Baturraden Ekspres dan KA Nusa Tembini untuk relasi Cilacap-Yogyakarta.

Waktu peluncurannya sendiri, untuk KA Baturraden Ekspres pada 25 Juni mendatang. Sementara untuk KA Nusa Tembini pada 2 Juli.

Pada tahap awal, kedua rute baru ini akan dioperasikan pada setiap hari Jumat dan Minggu. Rinciannya, KA Baturraden Ekspres beroperasi pada 25 Juni, 27 Juni, 2 Juli, dan 4 Juli. Kemudian untuk KA Nusa Tembini beroperasi pada 2, 4, 9, dan 11 Juli.

"Peluncuran 2 KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Minggu (13/6/2021).

Joni menjelaskan ada 2 kelas pada KA Baturraden Ekspres yang ditawarkan, yaitu kelas eksekutif dengan tiket mulai dari Rp 160.000 dan kelas bisnis mulai dari Rp130.000 per orang.

KA Nusa Tembini juga memiliki 2 kelas yang ditawarkan. Mulai dari kelas eksekutif dengan tiket mulai dari Rp 110.000 dan kelas ekonomi dengan tarif mulai dari Rp90.000.

Joni menjelaskan tiket tersebut sudah dapat dibeli melalui KAI Access, web KAI, hingga loket di stasiun mulai dari sekarang.

Rangkaian KA Baturraden Ekspres secara total terdiri dari 2 kereta eksekutif dan 5 kereta bisnis dengan 420 tempat duduk. Di sisi lain, rangkaian KA Nusa Tembini terdiri dari 4 kereta eksekutif dan 3 kereta ekonomi dengan total 392 tempat duduk.

"Namun kapasitas Kereta Api selama masa pandemi adalah maksimal 70% dari total tempat duduk sesuai SE Kemenhub No 14 tahun 2020. Sehingga kapasitas di masa pandemi KA Baturraden adalah 294 tempat duduk dan KA Nusa Tembini 275 tempat duduk," kata Joni.

Adapun KA Baturraden Ekspres sendiri melewati Purwokerto, Bumiayu, Prupuk, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta, Cimahi, dan Bandung. Untuk KA Nusa Tembini akan melewati Cilacap, Maos, Kroya, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Kutoarjo, Wates, dan Yogyakarta.

Cek rincian tarif rute KA baru tersebut di halaman berikutnya.



Simak Video "Ditegur Menhub soal Tumpukan di Stasiun Manggarai, Ini Respons KAI"
[Gambas:Video 20detik]