Update Terkini RS Darurat Asrama Haji-Rusun Pasar Rumput

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 12 Jul 2021 16:35 WIB
Pembangunan Rusun Pasar Rumput telah rampung dan siap huni. Di rusun ini terdapat 1.984 unit hunian dengan tipe 36.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah menyulap berbagai tempat menjadi rumah sakit (RS) darurat untuk pasien virus Corona (COVID-19), di antaranya Asrama Haji Pondok Gede dan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan di Asrama Haji Pondok Gede ada lima gedung yang disulap menjadi RS darurat, yakni gedung A, B, C, H, dan D5. Di sana disiapkan 774 tempat tidur.

"Ini masing-masing ruangan yang biasanya dipakai 4 tempat tidur untuk asrama haji kita jadikan 3 tempat tidur setiap kamar. Totalnya ada 774 tempat tidur," kata dia dalam keterangan pers, Senin (12/6/2021).

Gedung A sudah dioperasikan sejak Sabtu, 10 Juli 2021. Berdasarkan laporan Menteri Kesehatan saat ini ada 40 pasien yang sudah ditempatkan di sana.

Selanjutnya Gedung B selesai pada hari ini dan akan dioperasikan mulai pukul 16.00 WIB. Sementara Gedung C dan H akan selesai dan siap dioperasikan besok Selasa.

"Dan Gedung D5 yang agak parah renovasinya diharapkan agar selesai hari Kamis nanti untuk siap dioperasikan," sebutnya.

Pihaknya juga sedang menginstal tangki oksigen liquid di Asrama Haji Pondok Gede, yang ditargetkan selesai pada malam ini.

RS tersebut hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas, dan hanya untuk pasien bergejala ringan dan sedang. Sebab, di sana tidak ada ICU, yang ada hanya High Care Unit (HCU).

Selanjutnya di RS darurat Pasar Rumput, Basuki menjelaskan ada 3 tower yang digunakan untuk pasien COVID-19. Totalnya ada 5.952 tempat tidur.

"Tower 1 sudah siap dioperasikan karena semua sudah siap termasuk alkes dan tempat tidurnya," sebutnya.

Kemudian untuk tower 2 dan 3 sudah siap prasarananya. Pagi tadi sudah masuk tempat tidur dan alkesnya. Jadi setelah pasien di tower 1 sudah penuh, tower 2 dan 3 dapat operasikan.

"Tower satu 689 ruangan dengan total 2.067 tempat tidur. Ini yang sudah siap dioperasikan. kemudian tower dua 606 unit 1818 tempat tidur. Yang tower tiga 689 unit seperti tower satu 2.067 tempat tidur. Yang tower satu sekali lagi sudah siap dioperasikan sejak hari ini," tambahnya.



Simak Video "Berkurang 178, Pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Kini Tersisa 4.620"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)