Sudah 81%, Jalan Bypass Bandara Lombok-Mandalika Kelar September

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 01 Agu 2021 11:04 WIB
Bandara Lombok
Foto: Harianto Nukman/detikcom
Jakarta -

Demi memudahkan mobilitas di kawasan Mandalika, NTB yang merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas, pemerintah akan membangun jalan bypass. Jalan ini dibangun dari Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika.

Jalan bypass ini akan dibangun sepanjang 17,36 km. Menurut Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian saat ini progress konstruksi jalan bypass sudah mencapai 81%.

"Saat ini progress konstruksinya mencapai 81,17%," ungkap Hedy dalam unggahan informasi di akun Instagram resmi @pupr_binamarga, dikutip Minggu (1/8/2021).

Pembangunan jalan ini terdiri dari 12 overpass dan 1 jembatan. Ditjen Bina Marga juga akan melengkapi jalan bypass ini dengan 3 jembatan penyeberangan orang (JPO).

Rencananya, jalan bypass BIL-Mandalika sudah bisa dipakai pada bulan September 2021. Nantinya, jalan bypass ini akan mendukung dua gelaran balap motor yang akan dilakukan di Sirkuit Mandalika.

"Sesuai arahan pak Menteri PUPR, pembangunan jalan bypass BIL-Mandalika ditargetkan rampung September 2021 untuk mendukung event Superbike pada pertengahan November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022," papar Hedy.

Dengan jalan bypass ini, perjalanan dari Bandara Lombok menuju Mandalika cuma ditempuh dalam waktu 15 menit. Pada awalnya membutuhkan waktu sebanyak 30 menit.

(hal/zlf)