Ini Toh Kelakuan Warga DKI yang Bisa Bikin Jakarta Tenggelam

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 01 Agu 2021 20:19 WIB
Banjir di bundaran HI jakarta. file/detikfoto/ari saputra
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Ancaman Ibu Kota Jakarta tenggelam menggema hingga ke Amerika Serikat (AS). Belum lama ini Presiden AS Joe Biden menyinggung adanya potensi Jakarta tenggelam dalam waktu 10 tahun mendatang.

Sebenarnya ancaman ini sudah disadari oleh pihak Indonesia beberapa tahun yang lalu. Salah satu upaya pencegahannya adalah membangun tanggul raksasa di pantai utara Jakarta. Lalu apa sebenarnya penyebab potensi Jakarta tenggelam?

Secara logika sebuah wilayah bisa tenggelam jika permukaan darat lebih rendah dari permukaan laut. Banyak pihak mengatakan ketinggian air laut terus meningkat karena adanya perubahan iklim seperti yang disampaikan Biden.

Namun di sisi lain ada hal yang juga membuat permukaan tanah Jakarta terus mengalami penurunan atau land subsidence. Penyebabnya adalah eksploitasi air tanah yang sangat masif dilakukan penduduk Jakarta menggunakan sumur bor.

"Kan salah satu penyebab land subsidence adalah eksploitasi air tanah. Seharusnya makin diperkecil eksploitasi air tanah itu, jadi harus berbarengan dengan pembangunan tanggul itu," kata Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia saat dihubungi detikcom, Minggu (1/8/2021).

Namun kata Bob kenyataannya land subsidence di Jakarta tidak rata penurunannya. Beberapa daerah di Jakarta hasil penelitiannya menunjukkan land subsidence yang berbeda.

"Jadi gini, mereka kan ragu dengan land subsidence yang terjadi kan, padahal land subsidence kan tidak merata sama. Seperti di daerah timur kan land subsidence cuma 1-3 cm per tahun, kemudian di daerah barat ke arah Banten itu cuma 2-5 cm. Memang ada yang tinggi di daerah Muara Baru, Pluit, itu agak tinggi 7,5-12 cm," terangnya.

Menurut Bob land subsidence juga belum dipastikan apakah itu akan terus berlanjut hingga membuat Jakarta benar-benar tenggelam. Hingga saat ini data penurunan permukaan tanah di Jakarta juga masih terus dilakukan penelitian. Jadi menurutnya terlalu dini untuk menyimpulkan Jakarta benar-benar akan tenggelam.

"Kita nggak tahu apakah terus atau berhenti. Kan bisa saja berhenti pada suatu saat. Jadi kita tidak bisa klaim bahwa Jakarta akan tenggelam, terlalu dini untuk menyatakan bahwa Jakarta akan tenggelam. Karena proses land subsidence masih berbeda-beda," terangnya.

Meski begitu, lanjut Bob, bukan berarti pemerintah tidak melakukan apa-apa. Salah satu bentuknya membangun tanggul raksasa di pesisir Jakarta.

Simak video 'Pemprov DKI Diminta Buktikan Omongan Biden soal 'Jakarta Tenggelam'':

[Gambas:Video 20detik]



(das/dna)