KAI Siapkan Fasilitas Pendukung Operasional Kereta Bandara YIA

Inkana Putri - detikFinance
Kamis, 12 Agu 2021 21:30 WIB
Progres pembangunan stasiun Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DIY mencapai lebih dari 90 persen.
Foto: Jali Rahman Dewantara
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut mendukung persiapan pengoperasian layanan Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Layanan KA Bandara YIA ini nantinya akan dapat melayani langsung dari dalam Bandara YIA sehingga mempermudah akses menuju bandara.

"Setelah sebelumnya pada Mei 2019 KA Bandara YIA beroperasi melalui Stasiun Wojo, nantinya layanan KA Bandara YIA dapat langsung masuk ke dalam Bandara YIA melalui Stasiun Bandara YIA untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Bandara YIA," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8/2021).

Sebagai operator, KAI memberikan dukungan melalui persiapan area pelayanan pelanggan KA, baik di Stasiun Bandara YIA maupun di Stasiun Yogyakarta. Joni menyampaikan saat ini telah dibangun ruang tunggu dan pelayanan penumpang yang representatif di Stasiun Bandara YIA. Fasilitas ini meliputi pelayanan loket, informasi pelanggan, ruang tunggu, fasilitas ruang kesehatan serta laktasi, dan pos keamanan.

Untuk menuju ke area peron stasiun, Joni menyebut nantinya hanya pelanggan KA Bandara yang memiliki tiket yang dapat masuk melalui e-gate saat KA sudah tersedia.

"Ruang pelayanan penumpang KA di Stasiun Bandara YIA ini memiliki pernik-pernik khas Yogyakarta dan tersedia pelayanan yang representatif, tujuannya untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan KA Bandara. Sedangkan untuk di Stasiun Yogyakarta, KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus pelanggan KA Bandara," ungkapnya.

Di samping itu, KAI juga telah mempersiapkan SDM perusahaan yang akan bertugas melayani pelanggan dan menjalankan operasional KA Bandara. Joni menjelaskan saat ini petugas masih dalam tahap proses persiapan oleh berbagai pihak.

Soal detail pengoperasian perjalanan KA Bandara, Joni mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu arahan resmi dari pemerintah dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Kami klarifikasi bahwa info terkait detail pengoperasian KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara YIA pp sampai dengan saat ini masih belum ditetapkan. Saat ini kami menunggu arahan dan keputusan resmi dari pemerintah. Secara intensif KAI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait rencana pengoperasian KA tersebut," katanya.

Joni berharap kehadiran KA Bandara YIA dapat membantu pemulihan perekonomian masyarakat dan mendukung konektivitas ke berbagai destinasi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Adanya KA Bandara ini juga diharapkan dapat melengkapi layanan Kereta Api terintegrasi dengan layanan pesawat di bandara.

"KAI siap mendukung penuh berbagai program pemerintah dalam hal meningkatkan konektivitas masyarakat dalam hal bertransportasi. Hadirnya integrasi antarmoda antara Kereta Api dan Pesawat Terbang ini akan memberikan kemudahan kepada pelanggan melalui moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu," pungkasnya.



Simak Video "Siap Beroperasi, Begini Penampakan Stasiun KA Bandara YIA"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)