Jokowi Pamer Potret Terkini Tol Trans Sumatera: 531 Km Dapat Dilalui

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 15 Agu 2021 14:30 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan proyek Jalan Tol Trans Sumatera sudah tersambung 531 kilometer. Bukan hanya tersambung, jalan tol ini juga sudah dapat dilalui masyarakat.

Jokowi menjelaskan jalan Tol Trans Sumatera akan membentang sepanjang 1.884 kilometer dari Lampung sampai Aceh.

"Sepanjang 531 kilometer jalan tol ini telah dapat dilalui. Selebihnya sedang dalam pembangunan konstruksi dan dalam perencanaan," ungkap Jokowi dalam keterangan unggahannya di Instagram @jokowi, dikutip Minggu (15/8/2021).

Dia menjelaskan, Jalan tol Trans Sumatra akan memangkas waktu tempuh antar daerah di Sumatera, memperlancar arus barang, dan menghidupkan titik-titik perekonomian baru di sepanjang Pulau Sumatra.

"Pembangunan dan pengoperasiannya juga menyerap ratusan ribu tenaga kerja," beber Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menegaskan pembangunan infrastruktur akan menjadi salah satu strategi besar pemerintah dalam memberikan daya ungkit bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Jokowi mengunggah video mengenai penampakan terkini jalan tol Trans Sumatera, di dalam video itu ada juga suara testimoni dari pengguna jalan. Di akhir video, muncul tulisan Dirgahayu Republik Indonesia 76 tahun.

"Ada jalan tol ini beda lah. Kalau dulu lama sekarang cepat," bunyi suara dalam video.

[Gambas:Instagram]



(hal/zlf)