Wuzzzz.. Akhirnya Tol di Ibu Kota Baru Rampung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 17 Agu 2021 15:10 WIB
Indahnya Tol Balikpapan-Samarinda bermandi cahaya
Foto: Dok. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk
Jakarta -

Konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan sepanjang 11,09 km telah rampung. Dengan begitu, tol pertama di Kalimantan telah tersambung semuanya dan siap untuk dioperasikan.

Adanya Tol Balikpapan-Samarinda ini diharapkan dapat memperlancar konektivitas Balikpapan dan Samarinda, pengembangan kawasan industri, serta mempercepat akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Direktur Utama PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda (JBS) Jinto Sirait menjelaskan, dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Sepinggan hingga Samarinda, akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur. Apalagi, tol ini menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda.

"Dengan beroperasinya Seksi 1 dan Seksi 5 yang progres konstruksinya telah mencapai 100% ini, maka akan tersambung secara penuh dari Balikpapan sampai Samarinda sehingga akan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas jalan tol. Tingkat kelayakan Jalan Tol Balikapapan-Samarinda hingga saat ini masih berpegang pada business plan yang ada," ujar Jinto dalam keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021).

Ketika beroperasi nanti, maka akan ada dua gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Tol Balikpapan-Samarinda yaitu Gerbang Tol (GT) Manggar yang terkoneksi dengan Jalan Mulawarman yang merupakan akses terdekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan. Kemudian, GT Karang Joang yang terkoneksi dengan Jalan Nasional Soekarno Hatta Km 13 dan Akses Pelabuhan Terminal Peti Kemas Kariangau.

"Dua gerbang tol yang terkoneksi langsung dengan lokasi strategis di Balikpapan akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Kami optimis, jika sudah beroperasi penuh dan dalam kondisi normal, kami menargetkan adanya peningkatan pendapatan tol hingga 60%", tambahnya.

Pembangunan konstruksi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan merupakan porsi dukungan konstruksi pemerintah. Dengan siap beroperasinya dua seksi tersebut maka akan dilaksanakan serah terima aset dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang selanjutnya diikuti oleh proses pelimpahan lingkup pengoperasian jalan tol oleh PT JBS.

"Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang beroperasi penuh akan memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Balikpapan dan Samarinda. Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 3 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda hanya sekitar 1 jam saja sehingga dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang," terangnya.

Sebagai informasi, Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,99 km yang terbagi menjadi lima seksi yaitu Seksi 5 ruas Balikpapan-Sepinggan (11,09 km), Seksi 1 ruas Balikpapan-Samboja (22,03 km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-Samarinda (16,59 km).



Simak Video "Wujud Tol Pertama di Kalimantan yang Baru Diresmikan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/zlf)