Wusss... Simpang Susun Pekalongan Tol Pemalang-Batang Sudah Dibuka

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 27 Agu 2021 12:37 WIB
Suasana ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan yang sepi di simpang susun Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (6/5/2021). Di hari pertama penerapan larangan mudik 2021 sejumlah ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah sepi yang didominasi kendaraan angkutan barang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Tol Pemalang-Batang ruas Simpang Susun (SS) Pekalongan telah resmi beroperasi per hari ini 27 Agustus 2021. Keputusan diambil setelah dinyatakan memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis dan administratif.

"Kami harap dengan dibukanya SS Pekalongan ini, kemudahan mobilitas pengguna jalan khususnya bagi masyarakat Pekalongan dapat meningkat, serta konektivitas antar wilayah juga semakin lancar," kata Direktur Utama PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR) Supriyono selaku pengelola dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Jumat (27/8/2021).

Untuk diketahui, SS Pekalongan merupakan salah satu gerbang tol pada ruas Pemalang-Batang yang terletak di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Kehadirannya membuka akses bagi pengguna jalan untuk menuju ibu kota atau pusat pemerintahan Kabupaten Pekalongan yaitu Kajen, yang juga merupakan bagian dari arah perjalanan ke jalur Selatan Pulau Jawa.

Selain SS Pekalongan, ruas tol Pemalang-Batang memiliki dua gerbang tol lainnya yaitu SS Pemalang dan SS Batang, yang sudah beroperasi untuk umum sejak 2018.

Bupati Kabupaten Pekalongan, Fadia Arafiq menambahkan bahwa pembukaan SS Pekalongan ini sangat baik bagi pembangunan Kabupaten Pekalongan, khususnya dalam peningkatan mobilitas.

"Dengan dibukanya SS Pekalongan, ini dapat mempercepat dan mempermudah akses penduduk maupun pengunjung menuju Kabupaten Pekalongan. Mobilitas penduduk yang tinggi tentu menjadi poin penting dalam pembangunan daerah yang juga dapat meningkatkan potensi investasi," jelas Fadia.

Sebagai informasi, PT PBTR selaku pengelola ruas tol Pemalang-Batang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road (WTR) dengan kepemilikan sebesar 60% dan PT Sumber Mitra Jaya sebesar 40%.



Simak Video "Pengguna Jalan Tol Bisa Kena Denda, Bisa Juga Tuntut Balik Pengelola"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)