Jalur Kereta Bandara YIA Soft Launching, Luhut Pesan Begini

Jalu Rahman Dewantara - detikFinance
Jumat, 27 Agu 2021 18:02 WIB
Soft launching Jalur Kereta Bandara Yogyakarta
Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan soft launching jalur kereta Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DIY. Kehadiran jalur ini akan memangkas waktu tempuh Jogja ke YIA menjadi hanya 40 menit perjalanan.

"Memang disadari membangun infrastruktur perkeretapian memerlukan investasi tinggi. Tetapi dengan begini kita bisa memotong waktu. Jadi dari 1,5 jam menjadi 40 menit saja. Tentu saya kira sangat bagus," kata Luhut saat membuka kegiatan soft launching jalur KA, di Stasiun Bandara YIA, Jumat (27/8/2021).

Luhut mengatakan hadirnya jalur KA bandara YIA juga akan menambah pilihan moda transportasi para pengguna jasa penerbangan maupun calon penumpang pesawat yang ingin ke YIA.

"Menurut saya ada menambah juga shuttle bus, taxi bandara, Damri dan lain-lain. Kehadiran kereta api ini menjadi satu hal yang menggembirakan, ini kerja keras semua. Saya apresiasi pada Menhub melalui proyek strategis nasional dengan total biaya Rp1,1 Triliun yang dimulai studi kelayakan 2015 dan selesai akhir tahun ini," ucapnya.

Dalam pembangunan jalur KA ini lanjut Luhut juga akan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kemudahan aksesibilitas dari masyarakat yang ramah lingkungan. "Kita sudah mengetahui bahwa Yogyakarta adalah kota pelajar dan tujuan destinasi wisata. Sehingga kereta ini disiapkan untuk meningkatkan tujuan wisata ke daerah ini," ujarnya.

Dalam soft launching ini, Luhut didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Wakil Menteri II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo; Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan pihak-pihak terkait lainnya.

Adapun setelah soft launching ini, secara bertahap jalur KA bandara akan mulai operasional untuk kegiatan komersial. Dalam pelaksanaannya nanti akan disesuaikan dengan jadwal penerbangan pesawat di YIA.

Untuk diketahui Pembangunan jalur KA bandara YIA telah dimulai sejak Desember 2019. Memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,1 triliun, jalur ini diklaim bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Bandara YIA menunju Kota Yogyakarta maupun sebaliknya.

(hns/hns)