MRT Mau Dibangun dari Fatmawati ke TMII, Jadi Digarap Korsel?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 12:36 WIB
Kereta MRT Jakarta yang tengah melakukan uji persinyalan telah melaju hingga stasiun terakhir di Bundaran HI. Untuk pertama kalinya, kereta MRT Jakarta melintas di jalur bawah tanah.
Ilustrasi/Foto: Istimewa/MRT Jakarta

Dalam catatan detikcom, proyek MRT Fatmawati-TMII sendiri direncanakan dibangun sepanjang 12 km. Proyek ini bisa dimulai tahun 2022 dan akan selesai 2027.

Di sisi lain, minat Korea Selatan menggarap proyek MRT Fatmawati-Taman Mini sendiri terungkap dalam pertemuan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Duta Besar Korsel untuk Indonesia Park Tae-Sung pada bulan Juni yang lalu. Dalam keterangan pers yang diterbitkan Kemenhub, proyek MRT Fase IV dilirik oleh pihak Korea Selatan.

Selain MRT Jakarta, Korea Selatan juga berminat bekerja sama di proyek lain. Mulai dari pembangunan LRT Bali, pengembangan Bandar Udara Hang Nadim di Batam, hingga penggunaan mobil listrik.

Korsel juga tertarik untuk melakukan kerja sama dalam pengembangan jalur Kereta Api angkutan batubara di Sumatera bagian selatan, tepatnya di Lahat - Tarahan dan jalur Kereta Api di Kalimantan Tengah dengan rute Purukcahu-Bangkuang.


(hal/eds)